Mohon tunggu...
Nur Hazizah
Nur Hazizah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Saya memiliki hobi menulis cerita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Digital Marketing: Alat Nilai Produk Inovatif UMKM

20 Mei 2023   07:00 Diperbarui: 20 Mei 2023   06:59 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengenal Lebih Dalam Digital Marketing

Saat ini, tidak mungkin tanpa alat digital marketing untuk mengevaluasi lingkungan pasar, lingkungan bisnis yang kompetitif, analisis audiens target, analisis marek, dan penawaran produk. Alat digital marketing berkontribusi pada pembentukan konsep kreatif partisipasi dalam jejaring sosial untuk mempromosikan merek, persiapan, dan promosi konten vidio. Fungsi tujuan digital marketing adalah untuk memusatkan upaya pemasaran pada penggunaan teknologi dan layanan informasi secara efektif sebagai hasil dari penggantian investasi yang tepat waktu (pengembalian investasi -ROI) dan memperoleh keuntungan yang diinginkan.

Faktor Penting Digital Marketing

Faktor penting dalam efektivitas pemasaran adalah penggunaan alat digital marketing modern. Pada saat yang sama, saya dapat mangatakan bahwa untuk semua jenis inovator perusahaan (baik yang terorganisir maupun spontan), tahap yang paling menantang adalah tahap pengembangan inovasi terkait dengan memastikan pemenuhan persyaratan proyek oleh UMKM di sepanjang rantai nilai. Rantai nilai adalah kemampuan suatu produk, jasa, atau aktivitas untuk memuaskan suatu kebutuhan atau memberikan manfaat bagi seseorang, organisasi, dan masyarakat. UMKM yang sukses memahami bahwa tujuan bisnis apapun adalah untuk menciptakan nilai bagi pelanggan, karyawan, investor, dll.

Rantai Produk Inovatif Pada UMKM

Konsumen adalah mata rantai terakhir dalam rantai nilai. Semuanya dimulai dan diakhiri oleh klien, dan satu-satunya inti keuntungan adalah klien. Bisnis hanya memiliki dua jalur menuju sukses yaitu pemasaran dan inovasi. Merek bekeja untuk hasil dan yang lainnya melipatgandakan biaya. Konsep pemasaran modern difokuskan pada penciptaan nilai bagi konsumen. Tugas UMKM adalah mengembangkan rencana pemasaran untuk kreasi, promosi, dan penyediaan mereka. Sebagai bagian dari rencana pemasaran, kegiatan pemasaran dikembangkan untuk unsur-unsur bauran pemasaran. Dan penggunaan aktif pemasaran digital adalah dalam rantai nilai barang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun