Mohon tunggu...
Siti NurAzizah
Siti NurAzizah Mohon Tunggu... Lainnya - Siti Nur Azizah

Demak - Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tutor Sebaya Cara Alternatif Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa, Apakah Bisa?

18 Juni 2022   23:26 Diperbarui: 18 Juni 2022   23:28 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 

                              Oleh : Siti Nur Azizah 

Masih menjadi topik hangat  bahwa matematika adalah salah satu bidang studi yang sulit dipahami oleh para siswa.

Kemampuan siswa yang menurun atas penguasaan konsep matematika oleh siswa mengakibatkan siswa tersebut kesulitan dalam memecahkan masalah pembelajaran matematika.

Dalam hasil observasi penulis dalam pengaplikasian penilaian pengetahuan pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran kepada siswa SMP bahwa siswa mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah matematika.

Kenapa? Karena kurang kesiapan materi oleh siswa dalam menjawab soal, tidak dapat memahami masalah yang diberikan, kesulitan menentukan strategi penyelesaian yang tepat, dan kesulitan dalam melakukan Langkah-langkah matematika yang benar.

Agar kesulitan-kesulitan dalam memahami matematika teratasi maka salah satu cara yang dapat dipilih sebagai alternatif adalah menggunakan metode tutor sebaya. Metode ini dipilih, karena dianggap sesuai dengan karakteristik para siswa yang komunikatif dengan teman sendiri.

Misalkan jika dalam satu materi matematika disampaikan oleh sesama siswa yang sama--sama menggunakan bahasa daerah dalam pergaulan sehari-hari maka akan dengan mudah disaling memberi pemahaman.

Saat cara ini diaplikasikan dalam observasi, siswa lebih bersemangat dalam belajar matematika. Walaupun ada beberapa siswa yang sudah paham dan kurang paham dari beberapa siswa lain tetapi adanya komunikasi siswa yang baik dan semangat dalam belajar pasti ada sedikit pemahaman yang tertangkap.

Dengan adanya metode tutor sebaya juga dapat mengembangkan pemikiran semua siswa. Interaksi siswa lebih pandai berbagi pemahamannya dengan membantu siswa yang kurang pandai dalam proses pembeajaran sehingga pemahaman siswa dalam belajar matematika dapat ditingkatkan.

Tutor sebaya memberikan pengalaman yang berguna. Siswa dapat saling membantu untuk memahami suatu masalah, mencari jalan keluarnya dan menyimpulkan jawaban yang telah diperoleh.

Oleh karna itu, metode tutor sebaya mempunyai kecederungan kepada siswa dalam memahami pembelajaran terutama matematika.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun