Mohon tunggu...
Azhar Ramadhani
Azhar Ramadhani Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa

Suka menonton Windah Basudara dan mendesain

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Rahasia Kesuksesan Strategi Personal Branding Windah Basudara

24 September 2024   21:20 Diperbarui: 24 September 2024   21:21 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Siapa yang tidak kenal dengan content creator Windah Basudara. Seorang  content creator yang terkenal karena live streaming game-nya di YouTube dan sekarang sudah memiliki angka sebesar 14,1 Juta Subscriber. Windah Basudara memiliki nama asli yaitu "Brando Franco Windah" tempat kelahiran di Kota Manado pada tanggal 19 Maret 1992. Nama Windah diambil dari nama belakangnya dan Basudara artinya Bersaudara dalam Bahasa Manado. Sebelum terjun ke dalam dunia YouTube Windah Basudara adalah seorang waiter atau pelayan yang kesehariannya untuk melayani para tamu restoran. Pada tahun 2018 Windah Basudara memutuskan resign dari pekerjaan pelayan restorannya setelah melihat potensi bahwa menjadi youtuber akan membuat dirinya sukses. Semua tabungan yang dimiliki oleh Windah Basudara dikeluarkan untuk membeli peralatan gaming dan Windah Basudara memulai karir YouTube-nya pada awal tahun 2019.

Windah Basudara saat memulai menjalani karirnya menjadi content creator sampai dititik sekarang yang sudah bisa dibilang sangat sukses ada banyak sekali faktor yang memengaruhi hal tersebut. Windah Basudara membranding dirinya di YouTube sebagai orang yang lucu, interaktif, santai dan receh dengan penontonnya menjadikannya relatable dengan banyak orang yang membuat hal ini membedakannya dari youtuber gaming lainnya. Personal Branding yang Windah Basudara buat sangat efektif sampai pada tahun 2020 menjadi awal kepopulerannya Windah Basudara yang membuatnya naik daun dan mendapatkan peningkatan subscriber yang signifikan karena keunikan pembawaan personal branding di YouTube pada saat live streaming game dan memiliki fans dengan sebutan "Bocil Kematian"

Selain itu, Windah Basudara membangun personal branding yang tidak mau diberi uang secara cuma-cuma atau disawer dengan tidak membuka monetisasi pihak ketiga contohnya seperti Saweria, Sociabuzz dan sebagainya pada saat live streaming di YouTube. Hal ini yang membedakan dirinya dengan content creator streamer lainnya dan menjadikannya seorang yang memiliki ciri khas sendiri dan panutan yang baik untuk orang-orang terutama dalam personal branding.

Selain faktor pembawaan live streaming yang unik dan interaktif Windah Basudara membangun personal branding yang sangat berempati dan suka membantu satu sama lain terutama yang lebih membutuhkan seperti membuat program charity atau penggalangan dana melalui streaming YouTube-nya tanpa meminta sepeser uang hasil dari charity-nya. Windah Basudara begitu ikhlas dan tulus dalam menjalani program charity melalui live streaming YouTube yang membuat hal ini juga menjadi contoh public figure yang baik dan menjadi panutan banyak orang.

Banyak sekali strategi personal branding yang dibangun oleh Windah Basudara untuk sukses berkarir menjadi content creator streamer di YouTube. Windah Basudara membangun personal branding-nya dengan memiliki ciri khas yang selalu memberikan gimmick kepada penontonnya seperti saat baru memulai live streaming memberikan "Absen" terlebih dahulu, Kemudian memberikan gimmick ketawa karir, kaget karir dan sebagainya. Bahkan saat sedang grinding menuju 10 juta subscriber Windah Basudara sering memberikan drama di setiap menit akhir live streaming game-nya hal ini yang membuat Windah Basudara memiliki ciri khasnya sendiri dan dapat membuat YouTube-nya grow dengan cepat. Selain itu, dengan gaya personal branding-nya lucu dan banyak gimmick  yang dilakukan Windah Basudara sempet viral di media sosial lainnya karena melakukan jogetan raja meksiko dan kalimat  spontan yang dikeluarkan dari mulutnya sehingga banyak clipper yang meng-clip momen tersebut dan disebarluaskan di media sosial  membuat banyak public figure yang melihat hal tersebut ikut memparodikan atau membuat konten apa yang sudah dilakukan oleh Windah Basudara. Kemudian, Gaya personal branding yang dibangun Windah Basudara dapat Meng-Influence streamer yang baru merintis ataupun yang sudah memiliki nama dengan mengikuti gimmick yang dilakukan oleh Windah Basudara.

Selain itu, Windah Basudara konsistensi dalam live streaming YouTube dan  selama sehari bisa 1 sampai 5 kali live streaming. Windah Basudara berprinsip menyelesaikan apa yang sudah ia mulai dalam bermain game dan selalu memenuhi hasrat apa yang disukai oleh penontonnya seperti ketika sedang bermain game yang harus pay2win Windah Basudara rela mengeluarkan uang yang banyak bahkan bisa jutaan saat live streaming untuk memenuhi hasrat para bocil kematian.

Windah Basudara sering memainkan game yang populer di pasar game Indonesia dan Windah Basudara juga berani untuk menabrak pasar game yang sedang populer dengan memainkan game yang underrated atau kurang populer seperti game indie, AAA, RPG dan sebagainya yang membangun ciri khas personal branding-nya membedakan dari content creator streamer lainnya. Kemudian, Windah Basudara berusaha untuk menjadi semua orang dalam live streaming game-nya, Seperti saat memainkan game kompetitif atau yang perlu mekanik tinggi Windah Basudara akan menjadi orang yang jago dalam memainkan gamenya dan memberikan sedikit entertain. Namun, ketika memainkan game random, horror dan unik Windah Basudara akan memberikan lebih banyak entertain dalam live streaming game-nya. Berkat dari personal branding yang dibawakan oleh Windah Basudara dalam streaming dapat memperoleh jumlah penonton sebanyak 20 sampai 100 ribu penonton dengan konsisten dalam satu kali streaming bahkan bisa lebih jika pilihan gamenya yang menarik dan populer sesuai pasar game pada saat itu.

Hasil dari Strategi personal branding yang sudah dibangun oleh Windah Basudara tentunya dapat meningkat popularitas dirinya seperti diajak collab dengan creator lain, mendapatkan jumlah subscriber yang besar, Menjadi Brand Ambassador  salah satu tim e-sport di Indonesia, Membangun komunitas yang positif di platform Discord dan menjadikannya komunitas Discord no.1 di Indonesia, Kemudian menjadi streamer YouTube no.1 di Indonesia dan juga mendapatkan Awards Content Creator Gaming dan Awards Social Media Icon terfavorit. Selain itu, Windah Basudara dapat membantu streamer lain yang baru merintis dengan memberikannya donasi sebagai bentuk bangga dan appreciate. Kemudian, Windah Basudara dapat membuat acara Motion Ime yang dimana acara Motion Ime ini adalah bentuk charity atau penggalangan dana jadi uang hasil tiket dari acara Motion Ime ini seluruhnya akan didonasikan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Perjalanan karir Windah Basudara dari seorang pelayan restoran yang memutuskan untuk resign dari pekerjannya dan memilih mempertaruhkan kehidupannya menjadi seorang content creator merupakan pilihan yang tepat karena sekarang Windah Basudara sudah sangat sukses dan semua impian, ambisi dan cita-cita yang diinginkannya sudah tercapai berkat dedikasi dan personal branding yang dia bangun. Jadi, bagi content creator yang baru merintis terutama dalam live streaming game tidak harus menjadi seorang Windah Basudara tapi ikutilah bagaimana proses personal branding yang dibangun oleh Windah Basudara seperti menjadi seorang yang unik, inovatif dan konsistensi karena seperti itulah alasan kesuksesan Windah Basudara dalam membangun personal branding-nya.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun