Menyusun Best Practices
Mapel/Kelas      : Dasar - Dasar Kejuruan / X
Priram keahlian  : DPIB & TKP
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
A. SITUASI
a. Kondisi yang menjadi latar belakang
Latar belakang masalah kurangnya motivasi peserta didik pada pembelajaran dasar-dasar kejuruan yaitu:
1. Peserta didik tidak minat dengan jurusan karena limpahan jurusan pavorit.
2. Peserta didik malas mengerjakan tugas.
3. Guru tidak menggunakan model pembelajaran yang tepat.
4. Guru belum mampu menyadarkan peserta didik untuk menerima dan mncintai jurusannya
5. Peningkatan gairah belajar numerasi dengan penerapan pada mapel dasar-dasar kejuruan. (Poin 1 s.d 5 diambil dari Eksplorasi penyebab masalah)
b. Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan
Oleh karena permasalahan di atas, maka praktik pembelajaran ini perlu dibagikan selain untuk memotivasi diri saya sendiri juga untuk menjadi referensi atau inspirasi pembelajaran juga bagi rekan guru yang lain yang mempunyai masalah yang sama dengan saya dalam hal kurangnya motivasi belajar Peserta didik pada mata pelajaran kejuruan.
Â
c. Peran dan tanggung jawab
Peran dan tanggung jawab saya sebagai guru dalam praktik pembelajaran ini adalah melakukan proses pembelajaran yang efektif yang berpusat kepada Peserta didik dengan menggunakan model dan metode pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga Peserta didik lebih termotivasi dalam pembelajaran dasar-dasar kejuruan.
B. TANTANGAN
a. Tantangan mencapai tujuan
Dari hasil analisis kajian literatur dan wawancara pakar penyebab rendahnya motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran adalah:
1. Peserta didik kurang minat dengan jurusannya.
2. Guru belum mampu menyadarkan peserta didik untuk menerima dan mencintai jurusannya
3. Peserta didik tidak serius untuk mempelajari ilmu hitung/aljabr  sebagai ilmu dasar yang sangat penting dalam menunjang Â
  mapel produktif.
4. Rendahnya tingkat literasi dan numerasi perserta didik
 Dari penyebab di atas, tantangan yang dihadapi oleh guru adalah
1. Pemilihan model pembelajaran yang berpusat pada Peserta didik sehingga Peserta didik aktif dalam pembelajaran denganÂ
  metode pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.
2. Pemilihan Media pembelajaran yang berbasis teknologi sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik Peserta didik.
Â
C. AKSI
a. Pemilihan Model Pembelajaran
- Strategi yang dilakukan guru dalam memilih model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik Peserta didik dan karakteristik materi. Berdasarkan hal itu, saya memilih model pembelajaran Problem Based Learning. Karena model PBL kegiatannya berpusat pada Peserta didik. (sesuai model yang dipakai di modul ajar)
- Proses pemilihan model ini, pertama guru mempelajari apa saja model-model dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik Peserta didik dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan Peserta didik. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat dalam Buku Guru dan Buku Peserta didik.
- Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan model ini antara lain pemahaman /kompetensi guru akan model pembelajaran PBL dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.
b. Strategi
Strategi yang dilakukan guru dalam memilih media pembelajaran adalah dengan menggunakan media berbasis teknologi seperti media animasi, powerpoint dipakai untuk menstimulus pengetahuan peserta didik, metode diskusi dalam penyelidikan penyelesaian masalah dan adanya tes formatif pengetahuan Peserta didik sebagai evaluasi hasil pembelajaran.
D. REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK
a. Dampak
Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari aktivitas pembelajaran dan juga kegiatan yang berpusat pada Peserta didik sangat meningkatkan keaktifan Peserta didik saat proses pembelajaran sehingga Peserta didik termotivasi untuk belajar.
 b. Media
Penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi sangat membantu pemahaman Peserta didik akan materi dan hasil pembelajaran Peserta didik di mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar, Respon Peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa dilihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran Peserta didik memberikan refleksi kalau pembelajaran cukup menyenangkan dan media pembelajarannya cukup mudah untuk difahami.
c. Pembelajaran
Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lalukan adalah guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model dan media pembelajaran yang berpusat pada Peserta didik sehingga mempercepat dan mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran serta pemahaman konsep tentang dasar-dasar kejuruan elemen ukur tanah untuk tercapainya tujuan pembelajaran.