Mohon tunggu...
Azhar M
Azhar M Mohon Tunggu... Guru - Guru

konten tutorial

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Metode STAR

6 Desember 2023   18:52 Diperbarui: 6 Desember 2023   18:53 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

                                                                                                          Menyusun Best Practices

Mapel/Kelas          : Dasar - Dasar Kejuruan / X

Priram keahlian  : DPIB & TKP

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

A. SITUASI

a. Kondisi yang menjadi latar belakang

Latar belakang masalah kurangnya motivasi peserta didik pada pembelajaran dasar-dasar kejuruan yaitu:

1. Peserta didik tidak minat dengan jurusan karena limpahan jurusan pavorit.

2. Peserta didik malas mengerjakan tugas.

3. Guru tidak menggunakan model pembelajaran yang tepat.

4. Guru belum mampu menyadarkan peserta didik untuk menerima dan mncintai jurusannya

5. Peningkatan gairah belajar numerasi dengan penerapan pada mapel dasar-dasar kejuruan. (Poin 1 s.d 5 diambil dari Eksplorasi penyebab masalah)

b. Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan

Oleh karena permasalahan di atas, maka praktik pembelajaran ini perlu dibagikan selain untuk memotivasi diri saya sendiri juga untuk menjadi referensi atau inspirasi pembelajaran juga bagi rekan guru yang lain yang mempunyai masalah yang sama dengan saya dalam hal kurangnya motivasi belajar Peserta didik pada mata pelajaran kejuruan.

 

c. Peran dan tanggung jawab

Peran dan tanggung jawab saya sebagai guru dalam praktik pembelajaran ini adalah melakukan proses pembelajaran yang efektif yang berpusat kepada Peserta didik dengan menggunakan model dan metode pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga Peserta didik lebih termotivasi dalam pembelajaran dasar-dasar kejuruan.

B. TANTANGAN

a. Tantangan mencapai tujuan

Dari hasil analisis kajian literatur dan wawancara pakar penyebab rendahnya motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran adalah:

1. Peserta didik kurang minat dengan jurusannya.

2. Guru belum mampu menyadarkan peserta didik untuk menerima dan mencintai jurusannya

3. Peserta didik tidak serius untuk mempelajari ilmu hitung/aljabr  sebagai ilmu dasar yang sangat penting dalam menunjang  

    mapel produktif.

4. Rendahnya tingkat literasi dan numerasi perserta didik

  Dari penyebab di atas, tantangan yang dihadapi oleh guru adalah

1. Pemilihan model pembelajaran yang berpusat pada Peserta didik sehingga Peserta didik aktif dalam pembelajaran dengan 

    metode pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.

2. Pemilihan Media pembelajaran yang berbasis teknologi sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik Peserta didik.

 

C. AKSI

a. Pemilihan Model Pembelajaran

  • Strategi yang dilakukan guru dalam memilih model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik Peserta didik dan karakteristik materi. Berdasarkan hal itu, saya memilih model pembelajaran Problem Based Learning. Karena model PBL kegiatannya berpusat pada Peserta didik. (sesuai model yang dipakai di modul ajar)
  • Proses pemilihan model ini, pertama guru mempelajari apa saja model-model dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik Peserta didik dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan Peserta didik. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat dalam Buku Guru dan Buku Peserta didik.
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan model ini antara lain pemahaman /kompetensi guru akan model pembelajaran PBL dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.

b. Strategi

Strategi yang dilakukan guru dalam memilih media pembelajaran adalah dengan menggunakan media berbasis teknologi seperti media animasi, powerpoint dipakai untuk menstimulus pengetahuan peserta didik, metode diskusi dalam penyelidikan penyelesaian masalah dan adanya tes formatif pengetahuan Peserta didik sebagai evaluasi hasil pembelajaran.

D. REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK

a. Dampak

Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari aktivitas pembelajaran dan juga kegiatan yang berpusat pada Peserta didik sangat meningkatkan keaktifan Peserta didik saat proses pembelajaran sehingga Peserta didik termotivasi untuk belajar.

 b. Media

Penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi sangat membantu pemahaman Peserta didik akan materi dan hasil pembelajaran Peserta didik di mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar, Respon Peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa dilihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran Peserta didik memberikan refleksi kalau pembelajaran cukup menyenangkan dan media pembelajarannya cukup mudah untuk difahami.

c. Pembelajaran

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lalukan adalah guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model dan media pembelajaran yang berpusat pada Peserta didik sehingga mempercepat dan mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran serta pemahaman konsep tentang dasar-dasar kejuruan elemen ukur tanah untuk tercapainya tujuan pembelajaran.



HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun