Mohon tunggu...
Galih ARamadhan
Galih ARamadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa aktif program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Malang

seorang mahasiswa matematika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tim PMM UMM Mengadakan Pendampingan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Kepada Guru SDN Mojolangu 1

9 Januari 2024   20:10 Diperbarui: 20 Juli 2024   14:11 254
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Fondasi utama dalam pembentukan karakter dan pemahaman konsep bagi anak-anak merupakan pendidikan dasar. Dalam dunia pendidikan, penggunaan modul ajar interaktif menjadi semakin penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di tingkat Sekolah Sasar (SD) yang dimana saat ini teknologi semakin berkembang. Namun, untuk memastikan keberhasilan penggunaan modul tersebut, diperlukannya pendampingan dalam proses pembuatannya. Lebih lanjut lagi Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Didasari pada hal tersebut, tim PMM (Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan dosen pembimbing lapang (DPL) ibu Zukhrufurrohmah M.Pd mengadakan pelatihan dan pendampingan pembuatan modul ajar interaktif yang diikuti oleh seluruh guru SDN 1 Mojolangu. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Pelatihan dan pendampingan ini melibatkan 2 pemateri serta di bantu oleh Tim PMM lainnya.

Materi terkait pembelajaran inovatif/dokpri
Materi terkait pembelajaran inovatif/dokpri
Dalam pendampingan pembuatan modul ajar interaktif tersusun dari serangkaian acara yang dapat membantu atau mendukung dalam pengembangan modul ajar, antara lain: melaksanakan seminar yang berisi tentang media ajar yang baik dan bagus digunakan serta pembelajaran inovatif. Selain melakukan seminar, Tim PMM juga melakukan pendampingan dalam pembuatan modul ajar tersebut

Demo pembuatan media interaktif/dokpri
Demo pembuatan media interaktif/dokpri
Pendampingan dalam pembuatan modul ajar interaktif di jenjang SD memiliki peran yang krusial. Pendekatan ini bukan hanya tentang memberikan alat pembelajaran baru, tetapi juga tentang memastikan bahwa modul tersebut sesuai dengan kebutuhan kurikulum serta mampu menyentuh keberagaman gaya belajar siswa. Selain itu, pendampingan memungkinkan guru untuk mengintegrasikan elemen interaktif secara efektif, memastikan bahwa penggunaannya dapat mendukung tujuan pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan siswa. Dengan adanya pendampingan, guru juga dapat menyesuaikan modul sesuai dengan kebutuhan khusus siswa atau kondisi kelas tertentu, menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih personal dan relevan di jenjang SD.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun