Mohon tunggu...
Money

Future Development: Parvani 'Bring a Wonderful Piece of Indonesia Wherever You Go'

1 Juni 2017   18:08 Diperbarui: 1 Juni 2017   19:59 279
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Kebanyakan wanita senang untuk memadukan pakaian yang mereka pakai agar terlihat lebih menarik setiap harinya. Kemudahan dalam memadukan pakaian tersebut menjadi salah satu hal yang ditawarkan oleh Parvani.

Parvani memiliki arti ‘Full Moon’. Parvani adalah merek pakaian wanita yang menjual produk berupa perpaduan antara pashmina dan cardigan dengan memasukan unsur keragaman Indonesia. Parvani merupakan produk outerwear yang cocok untuk dipakai bersama dengan jenis pakaian lainnya.

Selain kemudahan, Parvani juga menawarkan keindahan dengan desain elegan khas Indonesia. Pada era ini, pakaian yang melambangkan kebudayaan Indonesia seringkali hanya dipakai saat acara-acara tertentu saja. Parvani ingin membangun suatu konsep di mana pakaian yang menunjukan keindahan setiap pelosok Indonesia tersebut dapat dipakai oleh para wanita di setiap aktivitas mereka, bahkan saat mereka ingin tampil casual. Bahan yang digunakan merupakan kain berkualitas baik dengan motif tradisional Indonesia seperti Batik, Sasirangan, Ulos, Sarung Bugis, Lurik, Songket Lombok, dan lain-lain. Oleh karena itu, Parvani memiliki tagline Bring a Wonderful Piece of Indonesia Wherever You Go”.

Untuk memperkuat citra elegan Parvani, setiap produk diciptakan dengan detail beads (manik-manik) yang berbeda. Walaupun dijahit menggunakan beads, produk Parvani tetap dapat dipakai sehari-sehari karena pemilihan beads disesuaikan dengan kenyamanan pemakai. Selain pemilihan bahan, teknik jahit dan teknik beading (merangkai manik-manik) akan dikontrol semaksimal mungkin sehingga produk akhir yang akan dijual kepada para pelanggan memiliki kualitas yang setara dengan produk-produk pakaian high end.

Kendala yang mungkin dihadapi dalam mengembangkan bisnis ini datang dari pesaing-pesaing merek pakaian luar negeri seperti Zara dan H&M. Namun, Parvani tetap memiliki peluang yang besar di pasar karena saat ini produk-produk lokal mulai banyak dilirik oleh konsumen. 

BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Business Model Canvas adalah model bisnis yang terdiri dari sembilan area aktivitas bisnis, yang memiliki tujuan untuk memetakan strategi Parvani dalam membangun bisnis yang kuat, memenangkan persaingan, dan meraih kesuksesan dalam jangka panjang.

1. Customer Segments

  • Berdasarkan jenis kelamin: wanita.
  • Berdasarkan usia: 19 – 30 tahun.
  • Berdasarkan pekerjaan: mahasiswa dan wanita karir.
  • Berdasarkan pendapatan: memiliki pendapatan yang siap dibelanjakan sebesar Rp. 1.000.000 – Rp. 3.000.000.
  • Pengguna social media.

2. Value Propositions

  • Convenience

Produk Parvani menawarkan kemudahan di mana sebuah outerwear yang merupakan perpaduan antara pashmina dan cardigan cocok untuk di mix & match dengan jenis pakaian lainnya, baik saat ingin tampil formal maupun saat ingin tampil casual.

  • Elegance

Parvani ingin menciptakan brand image yang elegan dan mewah di mata masyarakat dengan setiap konsep yang ditawarkannya. 

  • Bring the Concept of Indonesian Culture

 Dengan sentuhan kebudayaan lokal, Parvani ingin menyadarkan konsumen bahwa produk yang mengangkat konsep keindahan Indonesia tidak kalah dengan produk-produk yang berasal dari luar negeri. Selain itu, Parvani juga ingin membawa suatu konsep di mana pakaian dengan nuansa kebudayaan lokal tidak hanya dapat dipakai di acara-acara tertentu saja, namun juga dapat dipakai sehari-hari sehingga konsumen dapat ikut membantu menyebarkan kesadaran akan kekayaan yang Indonesia miliki.

  • High Quality

Setiap proses produksi yang ada mulai dari proses pemilihan bahan, proses desain dan penjahitan, proses quality control, dan proses pengiriman akan diperhatikan sedetail mungkin sehingga meminimalisir dan menghilangkan kemungkinan terjadinya cacat produksi dan produk yang sampai di tangan konsumen merupakan produk dengan kualitas terbaik.

3. Channels

  • Website

www.parvaniapparel.com akan menjadi channel utama Parvani di mana setiap pemesanan produk hanya dapat dilakukan di official website Parvani dengan cara sign up dan mengisi data diri. Setelah pelanggan membuat akun, pelanggan dapat menyimpan produk yang diinginkannya dari katalog ke dalam wishlist. Apabila ingin melanjutkan pemesanan, produk yang telah dipilih dimasukan ke dalam my bag dan dilakukan pengecekan ulang sebelum pelanggan diminta untuk melakukan pembayaran.

  • Live Chat

Parvani menyediakan fitur live chat di website dengan waktu dan jam operasional setiap Senin – Jumat pukul 09.00 – 18.00. Pelanggan dapat mengirimkan pertanyaan seputar Parvani yang tidak tersedia di FAQ website dan akan dijawab oleh customer service Parvani.

  • Instagram

Akun instagram @parvaniapparel akan menjadi semacam portofolio yang mengunggah hasil photoshoot setiap peluncuran koleksi terbaru. Sembilan desain koleksi terbaru Parvani akan diluncurkan setiap bulannya. Sesuai dengan nama Parvani yang memiliki arti ‘Full Moon’, setiap peluncuran koleksi terbaru dinamakan: Season 1 -- Moon after Yule, Season 2 -- Snow Moon, Season 3 -- Sap Moon, Season 4 -- Grass Moon, Season 5 -- Planting Moon, Season 6 -- Honey Moon, Season 7 -- Thunder Moon, Season 8 -- Grain Moon, Season 9 -- Fruit Moon, Season 10 -- Hunter's Moon, Season 11 -- Frosty Moon, Season 12 -- Moon before Yule, dan setelahnya akan diulang kembali ke Season 1 dengan desain yang berbeda.

Akun instagram tersebut akan dimaksimalkan sebagai suatu channel pemasaran mengingat instagram saat ini merupakan social media yang paling efektif dalam mengenalkan brand baru ke masyarakat. Selain sebagai portofolio, akun instagram Parvani juga digunakan untuk mengunggah informasi-informasi terbaru mengenai aktivitas Parvani seperti ketika akan menjadi tenant di bazaar, exhibition, dan acara lainnya.

  • Email

Dengan menggunakan database email pelanggan yang sign up saat membuat akun di website, Parvani melalui info@parvaniapparel akan mengirimkan newsletter serta promo-promo yang sedang berlangsung kepada pelanggan.

  • Parvani Store

Parvani Store merupakan official store yang baru akan direalisasikan lima tahun kedepan dengan mempertimbangkan track record penjualan dan respon pasar. Target pembangunan store awal di Jakarta adalah pada kawasan menengah keatas seperti Kemang, SCBD, dan Senayan.

4. Customer Relationships

  • Customer Database

 Database email pelanggan yang sign up saat membuat akun di www.parvaniapparel.com akan digunakan untuk mengirimkan:

- Newsletter: informasi-informasi terbaru seputar aktivitas Parvani.

- Promotion: promo-promo yang sedang berlangsung seperti seasonal discount, free delivery with minimum purchase,dan lain-lain.

- Reward: hadiah yang diberikan kepada pelanggan setia Parvani yang telah melakukan beberapa kali re-purchase seperti voucher IDR 50K, buy 1 get 1 free, dan lain-lain.

Hal ini ditujukan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan sehingga pelanggan mendapatkan pengalaman belanja yang menguntungkan di Parvani.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun