Strategi bersaing merupakan suatu kegiatan yang dinamis dan berkesinambungan, dan penerapannya didasarkan pada prediksi tentang apa yang diharapkan konsumen di masa depan. Selain mempertahankan posisi pasar dalam persaingan yang ketat, perusahaan harus mengetahui dimana dan bagaimana mengembangkan bisnisnya guna mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan.
Dalam sebuah perusahaan, menjaga kualitas produk atau jasa tentunya menjadi faktor kompetitif yang penting. Oleh karena itu, menjaga dan meningkatkan kualitas produk merupakan salah satu langkah dalam strategi bersaing. Strategi agresif dan pertumbuhan juga menjadi alat penting untuk meningkatkan keunggulan perusahaan.
Strategi bersaing perusahaan dominan bahwa perusahaan berada dalam posisi dominan di pasar, yaitu. bahwa perusahaan memantau perilaku pesaing lain dan memiliki berbagai pilihan strategis.
Perusahaan yang dominan adalah perusahaan yang mempunyai kemampuan keuangan yang lebih kuat dibandingkan dengan pemain pesaing. Kapasitas ini dapat diartikan sebagai kemampuan finansial pelaku usaha. Misalnya, kemampuan pengusaha dalam menginvestasikan sejumlah uang dan kemampuan melakukan penjualan di pasar modal, yang juga diwujudkan dengan memiliki pangsa pasar yang lebih besar dibandingkan pengusaha pesaing. Hal ini dapat menjadi indikator karena persentase nilai pembelian dan penjualan yang lebih tinggi dibandingkan nilai pembelian dan penjualan pesaing menunjukkan kekuatan finansial yang lebih baik
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H