Orang Bali tidak percaya bahwa tubuh manusia adalah penutup sementara yang tidak murni dan tidak berarti. Itu tidak lebih dari wadah jiwa yang terdiri dari lima elemen kosmik: Bumi, Udara, Api, Air, dan Alam Semesta. Setelah kematian tubuh, jiwa menemukan rumah baru dengan cara lain (menurut prinsip-reinkarnasi Samsara). Namun sebelum itu, jiwa masih harus melalui beberapa tahapan, yang ditentukan oleh karma mereka selama hidup mereka. Anda bisa pergi ke neraka "neraka", "surga", atau bahkan menjadi satu dengan dewa "Moksa". Ada banyak tahapan yang harus dilalui jiwa untuk mencapai Moksa, salah satunya adalah pelaksanaan ngaben. Berbeda dengan ritual kematian di banyak negara dan budaya, masyarakat Bali merayakan ngaben dengan bangga dan gembira karena mereka percaya bahwa keluarga dan teman pada akhirnya dapat kembali kepada Tuhan. Satu hal yang harus Anda pahami adalah bahwa ritual kematian dan ritual ngaben adalah dua hal yang berbeda di Bali.Â
Pemakaman dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan persembahan yang lebih sederhana dan sedikit usaha dan persiapan. Beberapa keluarga harus menguburkan keluarga mereka yang meninggal di kuburan sementara sampai mereka dapat membawa jenazah mereka. Ritual Ngaben dianggap sebagai salah satu ritual termahal di Bali. Bahkan upacara berukuran sedang membutuhkan Rp100 juta dan persiapan berbulan-bulan sebelum hari besarnya. Namun, di Bali, biasanya seseorang yang meninggal dalam keluarga normal menanyakan kepada keluarga kaya yang akan menghadiri atau berencana menghadiri upacara tersebut. Dan jika ada anggota keluarga kerajaan, kasta tinggi, atau orang suci, kremasi atau ngaben akan menang dan banyak yang akan mengikuti ritual bersama dengan orang lain di seluruh pulau.
Ketika hari kremasi atau ngaben yang tepat dipilih dengan hati-hati oleh pemandu spiritual (tidak semua hari cocok untuk kremasi atau ngaben), semua persiapan dilakukan. Yang menakjubkan adalah tidak ada daftar tugas yang jelas yang menentukan siapa yang harus melakukan sesuatu dan siapa yang bertanggung jawab atas tugas tertentu. Semuanya dilakukan dengan gaya kooperatif Bali, tetapi itu akan menjadi acara besar bagi orang-orang untuk datang dan hadir. Upacara dimulai dengan pembangunan tempat penampungan sementara di mana semua tamu dapat melakukan semua pekerjaan. Sementara sang wanita memberikan persembahan, sang pria bertanggung jawab atas sebagian dari kerja kerasnya. Peti mati unik (dikenal sebagai "Lembu") berbentuk binatang seperti banteng, sapi, singa, rusa, dan gajah harus dibuat dari awal dari batang pohon yang kokoh. Karena empati adalah saudara yang disebut "Kanda Empat", sosok hewan yang dipilih untuk kotak harus memiliki empat kaki. Peti mati banteng digunakan oleh pria dan sapi digunakan oleh wanita. Banteng dikenal sebagai kendaraan Dewa Siwa (dewa kematian dan kehancuran) dan karena itu dianggap sangat berwibawa. Instrumen lain yang akan dibangun adalah menara kremasi atau ngaben (dikenal sebagai "Wadah" atau "Bade").
Ada banyak bagian yang tergantung dari menara ini yang mendominasi alam semesta Bali. Penyu dan naga di kaki menara mewakili dunia bawah. Di atas adalah dunia manusia yang diwakili oleh gambar hutan dan pegunungan yang rimbun. Di bagian atas adalah struktur seperti menara yang disebut Mel, yang berarti surga. Menara ini bisa sangat tinggi. Semakin penting atau kaya almarhum, semakin tinggi menaranya. Tingginya bisa mencapai 10 hingga 20 meter. Memberi adalah salah satu ritual terpenting dalam budaya Bali dan mungkin yang terpenting dalam kehidupan umat Hindu di Bali. Ini adalah tradisi berabad-abad yang berpuncak pada kremasi atau ngaben mayat. Memberi, ritual sakral Bali, adalah salah satu acara budaya yang paling penting. Ini adalah upacara kremasi atau ngaben di mana keluarga ingin tahu bagaimana memasuki kehidupan "berikutnya". Dalam agama Hindu, memberi berarti memisahkan jiwa dari jasad. Ini dilakukan dengan memberi dalam ritual ini. Ada banyak alasan untuk memotivasi orang untuk memilih kremasi atau ngaben, tetapi yang membedakan kremasi atau ngaben dari praktik serupa lainnya adalah filosofi kompleks yang diikuti pria.
NGABEN DAN REINKARNASI
Sebagai seorang Hindu, orang Bali percaya pada siklus hidup dan mati, jiwa adalah abadi, dan berkali-kali fisik untuk memproses karma hingga dianggap murni untuk mencapai istirahat abadi, saya harus kembali ke dunia. Upacara Gabe membantu jiwa untuk dibebaskan dari belenggu jiwa dan raga menuju kehidupan selanjutnya. Setelah kremasi atau ngaben, jiwa diberikan tubuh lain dan siklus kehidupan berlanjut atau perhentian terakhir di surga, Moksha, tercapai. , Liburan, cermin, akhiran, dan upacara itu sendiri. Karena itu, kremasi atau ngaben lebih menyenangkan daripada peristiwa menyedihkan. Keluarga ingin orang yang mereka cintai menjalani kehidupan yang lebih baik dan bahkan tinggal selamanya di surga. Selama ini, keluarga disarankan untuk tidak meneteskan air mata. Meneteskan air mata dapat menghalangi jalan menuju surga bagi jiwa. Sementara itu, tubuh dipenuhi dengan api dan bersatu kembali dengan Bumi.
APA YANG TERJADI SELAMA NGABEN
Tanggal ditetapkan oleh para tetua menurut sistem kalender Bali. Tergantung pada selera dan keadaan keluarga Anda, Anda dapat memberikan presentasi segera setelah kematian atau lama setelah kematian. Banyak keluarga memilih untuk menunda pernikahan mereka ke upacara besar dan meriah dan membuat semua persiapan. Selama ini, jenazah dapat dimakamkan atau disimpan di Balai Adat setempat. Ada berbagai jenis ritual tergantung pada situasinya, apakah mayat itu hilang, meninggal di luar negeri, atau yang meninggal adalah anak-anak atau bayi yang belum lahir. Umumnya dikenal sebagai kremasi atau ngaben tradisional, upacara kremasi atau ngaben mencakup lebih banyak ritual yang dimulai dengan Atma dan kebangkitan jiwa. Apalagi jika dia meninggal di luar rumah, mungkin karena kecelakaan atau rumah sakit. Setelah itu, jenazah disucikan dan diberikan perlengkapan simbolik untuk menjadi tubuh yang sempurna untuk kehidupan selanjutnya. Kemudian sesepuh dan biarawan berdoa untuk jiwa dan meminta untuk melakukan perjalanan ke sisi lain. Ritual berikut melibatkan keluarga karena mereka melambangkan penerimaan mereka untuk mengucapkan selamat tinggal pada kehidupan ini. Jenazah kemudian ditempatkan di peti mati, sarkofagus berbentuk sapi, atau candi, di mana unsur-unsur fisik dikembalikan ke ruang angkasa dan dibawa dengan cara tertentu untuk mengucapkan selamat tinggal kepada keluarga, kerabat, dan masyarakat sekitar. Baru setelah itu jenazah akan dibakar, tetapi tidak sebelum doa atau mantra lainnya. Setelah itu, api menelan seluruh tubuh dan sisa tulang disimpan secara terpisah. Abunya kemudian dibuang ke laut atau sungai. Merayakan kematian dan menyambut kehidupan baru adalah proses yang panjang dan kompleks.
NAMA: NI NYOMAN AYU TRISNAYANI
NIM: 2113011095
PRODI: S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA