Mohon tunggu...
Ayu Sundari Lestari
Ayu Sundari Lestari Mohon Tunggu... -

Writer, Blogger, Traveler, Book Lover, Kdramer, Kpoper, Fotografer

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hadiah Terindah dari Ibuku adalah Menjadi Ibunya Aku

28 Desember 2017   13:15 Diperbarui: 28 Desember 2017   14:38 878
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

           

Jika ditanya hadiah apa yang paling indah yang pernah diberikan oleh ibuku. Mungkin awalnya aku akan menjawab begitu banyak hal, karena semua hadiah itu sangat berkesan, berharga dan sangat manis dalam ingatanku.

Dulu saat aku masih menjadi mahasiswa dan mulai serius menekuni dunia tulis-menulis, karena dari zaman SMA aku memang suka menulis dan ingin menjadikannya sebagai profesiku. Pada waktu itu, aku menulis hanya bermodal ide, pena dan kertas. Jika lembaran-lembaran kertasku  sudah penuh dan aku telah menyelesaikan tulisan. Biasanya, aku akan nongkrongberjam-jam di warnet hanya untuk mengetik naskah saja. Sebenarnya, aku bisa saja tempah sama tukang ketik, tetapi, menurutku saat proses mengetik itu lah terkadang aku bisa sambil meng-edit  naskah juga.

Aku juga sempat magang menjadi reporter tamu di sebuah harian surat kabar lokal di kotaku, Medan. Saat itu aku sering pulang malam, karena setelah selesai mengumpulkan bahan aku langsung pergi ke rumah temanku meminjam komputernya untuk mengetik demi mengejar deadline. Bahkan kakak kelasku berbaik hati mau menginapkan laptop-nya satu malam di rumahku.

Dok.pribadi
Dok.pribadi
                                                                                      

Ibuku yang melihat betapa serius dan bekerja kerasnya aku melakukan apa yang paling kusuka. Akhirnya, ibu membelikan aku laptop agar aku tidak terlalu sering pulang malam. Padahal pada saat itu, laptop termasuk barang langka yang dimiliki orang dan tentu saja harganya cukup mahal. Aku sungguh sangat bahagia dan bersyukur. Bukan kah itu tandanya ibuku mendukung impianku?

Lagipula selain untuk menulis, laptop juga lebih mempermudahkan aku menyelesaikan tugas-tugas kuliah bahkan menemaniku menulis skripsi. Jujur saja, laptop itu menjadi barang yang sangat berharga bagiku. Pertama karena itu adalah pemberian ibuku. Kedua karena laptop itu telah menemani segala kegiatan yang aku suka sampai sekarang. Aku bisa betah berjam-jam berada di depan layar laptop. Selain untuk menulis dan menyalurkan bakatku. Aku juga bisa menonton drama-drama korea dan mendengar lagu kpop kesukaanku.

Dok.pribadi
Dok.pribadi
Lalu, saat aku terbangun di pagi hari, ada sebuah kado dan sepucuk puisi yang terletak di atas meja samping tempat tidurku. Namun, yang membuat air mataku luruh dari kedua sudut mata adalah isi dari puisi itu sendiri. Dan yang paling membuatku terharu karena puisi itu ditulis oleh ibuku sendiri. Sedangkan bagiku, puisi adalah sebuah doa yang tertulis. Aku yakin apa yang kita tulis, diam- diam Tuhan akan mengabulkannya. Sampai sekarang pun puisi itu tetap tersimpan rapi di dalam buku harianku.

Sebenarnya jika dirunut, hal yang paling sederhana dan kecil pun adalah hadiah terindah dari ibu. Mulai dari ucapannya yang terkandung nasihat dan dukungan, masakannya yang setiap hari kulahap, tangannya yang selalu kucium setiap kali pergi kerja serta pelukkannya yang begitu terasa hangat nan menenangkan. Aku rasa sangat banyak sampai tidak bisa kulukiskan dengan kata-kata.

Jujur, ibuku adalah segala sumber energi positif untuk membuatku kuat menghadapi apa pun. Jadi, intinya jika ditanya lagi hadiah terindah apa yang pernah diberikan ibuku, maka aku akan menjawabnya dengan lantang "Hadiah terindah dari ibuku adalah menjadi ibunya aku!"

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun