Mohon tunggu...
Ayu Sekar Nilamsari
Ayu Sekar Nilamsari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Manusia yang menyukai dunia menulis dan fotografi. Menulis berdasarkan pengalaman yang disusun rapi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sepenggal Cerita Magang Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UWKS di RRI Surabaya

2 Januari 2024   12:22 Diperbarui: 2 Januari 2024   12:25 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

Memasuki semester 5, sudah saatnya bagi mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Wijaya Kusuma Surabaya mengikuti kegiatan magang. Pada awalnya, cukup sulit bagi saya dan teman-teman mendapatkan tempat magang. Syukurnya, saat mendekati jadwal magang yang telah ditentukan, saya mendapatkan panggilan magang di RRI Surabaya. 

Just information, saya magang bersama tiga rekan saya, yaitu Yovi Widariani, Annisa Dewi Anggraini, dan Fardhan Arsyal Alfarizi. Kami ditempatkan di dua bidang yang berbeda. Saya dan Fardhan ditempatkan di bidang pemberitaan, sedangkan Yovi dan Annisa ditempatkan di bidang siaran, tepatnya di Programa 1 dan Programa 4.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan magang ini dilaksanakan selama dua bulan, tepatnya mulai dari tanggal 1 Oktober hingga 30 November 2023. 

Magang di RRI Surabaya dilakukan setiap hari senin hingga jumat, dimulai pukul 07.30 hingga 15.00 WIB. 

Peserta magang dilibatkan diberbagai kegiatan rutin RRI Surabaya, seperti apel bendera setiap hari senin, upacara HUT KORPRI , upacara hari besar, jalan sehat, senam, tausiyah, dan lain sebagainya. 

Foto: Dokumentasi RRI Surabaya
Foto: Dokumentasi RRI Surabaya

Nah, sebelumnya sudah saya singgung mengenai penempatan magang. Jadi, saya ditempatkan di bidang pemberitaan, di mana saya dapat mempelajari bagaimana caranya meliput berita dan juga cara men-transkripsi dialog yang akan ditayangkan di laman rri.co.id.

Selama kegiatan magang berlangsung, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dan ilmu baru yang belum pernah saya dapatkan di bangku perkuliahan. 

Dengan magang di radio siaran, saya jadi mengetahui bagaimana kisah di balik radio siaran yang sering saya dengarkan. 

Sekian cerita magang dari saya, terima kasih!  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun