Mohon tunggu...
Ayu Rochmawati
Ayu Rochmawati Mohon Tunggu... -

Belajar menulis, membaca potensi diri, dan berbisnis adalah step untukku menjadi pemuda yang lebih produktif

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tukang Pijit Kaya Raya di Indonesia

28 Februari 2014   22:10 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:22 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Gak nyangka saya, kali ini saya berhasil ngobrol panjang lebar sama dengan luas . hehe #bercanda saya berhasil ngobrol banyakdengan mbah uti, sapaan akrab saya terhadap tukang pijit langganan mama saya. kala itu saya memang sangat membutuhkan jasa dia untuk bisa menyembuhkan sakit ngilu di lutut kaki kanan saya, yang saya duga adalah akibat dari capek karena rutinitas yang setiap hari saya jalani.

Alih – alih berdiam diri untuk menikmati relaxaxi pijatan demi pijatan, malah saya di ajak ngobrol juga .. #yahhapabolehbuat didengerin saja lah .. sesekali menyaut pembicaraan dengan ya?oya? masag bu? Wah kereen? Tapi pada titik pembicaraan tertentu telinga saya mulai memusat pada suara dari mulut yang berada belakang atas saya, saat itu saya sedang tengkurep .hehe topiknya berubah jadi kehidupan orang tua dia yang hidups ebatang kara di pelosok desa di Tulung Agung Jawa Timur ..dia menceritakan bahwa dia masih memiliki ibu yang sangat kuat? Kenapa saya juga mengiyakan julukan kuat itu .. karna coba deh bayangin .. wanita tua dengan umur lebih dari 90tahun hidup sebatang kara masih mampu “bertani” . iya bertani .. menanam pohon di area belakang rumahnya .. tepatnya sih bukan menanam ya .. tapi lebih banyak tinggal panen saja.. kok tinggal panen? Yah memang tinggal panen .. lah wong gak pake ditanam dan diberi pupuk . dibiarkan saja tanaman di area rumah ibu mbah uti ini sudah tumbuh subur .. berbuah sangat banyak lagi.

Aku :Banyak?banyak seberapa mbah?tanyaku setengah kagum..

Mbah : yah relatif mbak tapi minimal sih 1 karung tiap pohon..

Aku : waah banyak juga itu mbah .. banyak banget malah, terus dikemanain gitu mbah kalo udah berbuah banyak?

Mbah uti : yah di biarin, kadang sih ada yang membeli tapi itu pun dengan harga yg murah .. mangga kalau berbuah buanyaak (saking banyaknya) bisa dibeli 1000/karung?
aku : what? 1000 aja mbah??gila, itu murah bingiit?kebingitan malah mbaah ..

Mbah uti : lah gimana lagi, daripada gak ada yg ambil/ makan kan mubazhir ..

Iya juga sih, tapii looh gak sebanding dengan lamanya menunggu musim panen #ngomel dalam hati

Gak hanya itu mbak,disana juga tumbuh macam-macam buah seperti kelapa sawit, nanas, pepaya, muris, bahkan kayu jati. Tambah mbah itu melihat ekpresiku saat membayangkan hasil kebun yang tumpah ruah itu.

Subhananllah, Engkau memang maha kaya ya Allah.. Indonesia memang potensi BESAAAR untuk bisa menjadi sangat kaya dengan hasil bumi yang Engkau anugrahkan ini ..tapi sayangnya Sumber daya manusianya kita yang kurang berpotensi untuk memanfaatkan hasil yang bisa membuat mereka berpotensi. Yah bisa dibayangin aja contoh kasus tadi .. sudah “diberi” Allah hasil bumi yang “tumpeh-tumpeh” tapi pemanfaatanyya dan untuk menjualnya kita masih bingung, gak heran sih.. karena memang loasi dari rumah ibunya mbah uti ini bisa tergolong jauh dari peradaban manusia ..terletak di plosok tulung agung, sekitar 9km hampir ke laut selatan ..

Tapiii, dari situ otak bisnisku muncul lagi .hahaha .. kalo itu bisa dialokasikan ke Surabay yang padat penduduk dengan tingakat konsumsi buah dan sayur tinggi bisa kaya mendadak tuh .. ini bisa jadi peluang #tertawa kebar dalam hati :D

Tapi tapi .. andai mbah uti juga bisa berfikir seperti saya, dia pasti lebih bisa memanfaatkan hasil ladang dia untuk bisa dijual kekota.. pasti dia gak perlu lagi tuh yang namanya pijat-pijat punggung orang berjam-jam .. dia tinggal jadi pemasok untuk modern market – modern market yg ada di Surabaya, teruus tinggal duduk dirumah dan nikmatin hasilnya .. tapi kenapaa ya kog gak bisa??
halaaah aku kepo banget .. tapi bener loh benerrr itu potensii :D

Saya juga diajak bergeser sedikit7km jauhnya di daerah pucang kubang Tulung Agung ..disitu kata embah uti adalah salah satu peternakan udang windu, iyaa udang yang besar-besar itu ..peternakan udang windu itu milik orang Australia katanya disitu udang windu dijual hanya seharga 40.000/kg .. jauh lebih murah dibandingkan dengan harga udang windu di Surabaya, kalo di Surabaya sekitar lebih dari 100.000/kg ..murah banget bukaan??dan  hasil ternak udang windu tersebut mayoritas di eksport langsung ke autralia  gilaak bener – bener gilaak . waraga negara tetangga saja bisa membaca potensi besar di Indonsia, masak kita sebagai tuan  rumah??

warga Indonesia sadar dong .. potensi kita itu BUESAAR.. negara kita bener-bener Kayaa .. tapi kenapa warganya tetap miskiin??kenapa masih banyak yang dibawah hidup layak??
kita tidak seharusnya terus menyalahkan pemerintah .. kita juga seharusnya intropeksi diri.. banyak - banyak membaca, bukan hanya buku .. tapi juga harus bisa membaca potensi.. Terutama Kaum muslim, sudah sepatutnya kita berjamaah.. bukan hanya saat sholat tapi juga saat menaikkan taraf kelayakan hidup yaitu dengan kerja sama sesama muslim dengan berbisnis dan dengan kemampuan apapun yang kita miliki ..

hahaha menggebu-gebu kan semangatnya ..
teruslah menggebu-gebu untuk masa depan kita yang terbaik ..
kita pemuda, kita penerus dan kita pewaris bumi Indonesia ..
Wasaalamualaikum

– Ramti  -

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun