EVALUASI KURIKULUM PAI
Dalam kegiatan proses belajar mengajar, kurikulum merupakan aspek yang sangat penting karena menentukan isi dan arah tujuan yang akan dibawa kearah mana Pendidikan tersebut. Kurikulum sebagai pedoman penting dalam proses pendiidkan bukanlah suatu hal yang mutlak tapi berlajn dan mengalir selaras dengan kebutuhan proses Pendidikan itu sendiri.
Evaluasi dan Pendidikan ialah dua disiplin yang memliki hubungan sebab akibat. Hubungan evaluasi dan kurikulum bersifat organis dan prosesnya secara evaluasioner. Evaluasi merupakan kegiatan yang kompleks, dan terus menerus untuk mengetahui proses dan sistem Pendidikan dalam mencapai tujuan hasil yang ditentukan
Adapun beberapa model kurikulum yang akan dikemukakan secara garis besarnya
Evaluasi kurikulum model penelitian
Model evaluasi kurikulum yyang berorientasi pada tujuan
Model evaluasi yang lepas dari tujuan
Model campuran mulltivariasi
Model evaluation program for innovate curriculumbs
Model CIPP (Contex, Input, Procces, and Product)
Model ten brink