Tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Tidar Desa Kembangkuning pada tanggal 21 Januari 2024, membantu mempromosikan peninggalan situs sejarah yang berada di Dusun Campurejo. Highlight utama yang diangkat tim KKN Untidar Desa Kembangkuning adalah potensi Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning yang dapat menjadi desa wisata dan menambah pemasukan masyarakat lokal. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Untidar bermaksud membantu pengembangan potensi wisata yang ada di Dusun Campurejo. Mahasiswa KKN berkolaborasi dengan Ikatan Pemuda Dusun Campurejo (IPEC) dalam pembuatan video profil pendek yang memuat tentang rutinitas kehidupan warga sekitar sebagai upaya promosi Candi Selogriyo.
"Desa Kembangkuning ini memang memiliki salah satu situs peninggalan budaya dan sejarah, yang dijadikan objek wisata yaitu Candi Selogriyo, tepatnya di Dusun Campurejo. Harapan saya, kelompok KKN Untidar ini dapat membuat program kerja yang dapat berdampak pada pengembangan lebih lanjut dari Candi Selogriyo ini sendiri", kata Iwan Asmawi, Kepala Desa Kembangkuning.
"Kami mahasiswa KKN mengucapkan terimakasih banyak telah diizinkan untuk belajar dan ikut serta dalam kegiatan bermasyarakat di Dusun Campurejo. Ada beberapa program kerja yang Kami ajukan, salah satunya yaitu digital marketing yang terfokus pada Candi Selogriyo, mengingat Dusun Campurejo memiliki peninggalan dari leluhur yang patut Kita jaga. Dengan program kerja ini, Kami bermaksud untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan infromasi terkait keunikan dan keindahan serta daya tarik Candi Selogriyo", ujar Surya, Ketua KKN Desa Kembangkuning, Dusun Campurejo.
Kegiatan KKN ini juga disambut hangat oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) di Dusun Campurejo. "Kami pengurus POKDARWIS mengucapkan terimakasih atas bantuan mahasiswa KKN Untidar dalam upaya meningkatkan popularitas wisata Candi Selogriyo. Kami mengakui kurang melek terkait digitalisasi dalam mempromosikan Candi Selogriyo yang mengakibatkan kurangnya informasi candi di media sosial", ujar Khabib, pengurus POKDARWIS.
Tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Tidar Dusun Campurejo, Desa Kembangkunig pada tanggal 20 Januari 2024, "Kami bersama pemuda IPEC (Ikatan Pemuda Campurejo) dan POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) melakukan sosialisasi tentang digital marketing untuk pengembangan wisata yang diikuti oleh 60 audiensi. Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada malam hari pukul 20.00 -22.00 WIB."
Sosialisasi ini dilakukan guna menunjang pemasaran digital marketing terkait desa wisata, di sisi lain Kami ikut membantu dalam pembuatan video profil candi yang akan disebarluaskan melalui media sosial seperti, Instagram, Tiktok, dan Youtobe. Hal itu dilakukan karena Kami menyadari bahwa informasi tentang wisata Candi Selogriyo masih sangat minim di media sosial. Dilihat dari data pengunjung, menunjukan bahwa jumlah turis mancanegara lebih banyak dibandingkan turis lokal.
Hasil akhir sosialisasi disepakati untuk pembuatan video profil akan dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2024 dengan talent warga Dusun Campurejo dengan tema aktivitas masyarakat setempat.
Tanggal 21 Januari 2024, mahasiswa KKN Untidar bersama IPEC memulai pengambilan scene untuk video profil. Pembuatan video dilaksanakan pada pukul 09.00 -- 12.00 WIB. Tema yang diangkat dalam video ini adalah aktivitas masyarakat lokal di kawasan Candi Selogriyo. Pembuatan video berjalan lancar dan sukses. Adapun konten video digital marketing ini dapat diakses melalui akun Instagram Candi Selogriyo dengan username @candiselogriyo_official atau Tiktok dengan username @candiselogriyo.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H