Mohon tunggu...
Ika Ayuningsih
Ika Ayuningsih Mohon Tunggu... -

Nama : Ika Ayuningsih | saya Cinta Pramuka (y) | kelas: XI TKI A | sekolah saya SMK N 1 WANAREJA | ttl : Cilacap,27 Mei 1997 \r\n

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aku dan Geogebra

16 November 2013   13:44 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:06 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Assalamu'alaikum wr.wb

Bonjour... :)

spesial untuk posting pertama saya kali ini, saya akan bercerita tentang sebuah software yang memiliki segudang manfaat dan fitur :D

GEOGEBRA, ya... menurut "Mbah Google" Geogebra adalah  software matematika dinamis yang menggabungkan geometri dan aljabar.

Setelah saya sedikit tau, ternyata geogebra sangat menarik untuk dipelajari. karena fiturnya lengkap dan mudah digunakan, (bagi yang bisa :D). Software yang satu ini saya  pertama kali diperkenalkan oleh guru matematika saya yang paling ganteng (karena dari dulu guru matematika saya perempuan :p). Awalnya setelah Mr.Lukas (Guru matematika saya) memperagakan bagaimana cara menggunakannya dan fungsi dari setiap fitur yang ada, saya hanya bingung. tapi lama kelamaan saya mengerti untuk apa geogebra itu sendiri. Sedikit memang  yang saya tau, jika dibandingkan Mr.Lukas Tentunya.

Hampir seluruh BAB yang ada di kelas X-XI ini diaplikasikan dengan geogebra. Cara mengajar guru MTK ku yang satu ini memang lai dari yang lain, pelajaran MTK yang biasanya menegangkan mungkin, sungguh terasa rileks jika dengan Beliau. Dia dan cara mengajar dia sungguh tidak membosankan.

Beruntung memang, saya dan teman-teman diperkenalkan software yang satu ini sampai kami sedikit menguasai. Karena jika dibandig kelas-kelas yang lain, tidak semuanya diajar olehnya. Dari 12 kelas XI yang ada disekolah ini,, (eh iya, sekolahku itu SMKN 1 WANAREJA, kabupaten CILACAP) hanya 2 kelas yang MTK nya diajar olehnya.

dulu, awalnya saya dan teman-teman sedikit kebingungan karena kami lebih banyak menggunakan geogebra dibandingkan cara manual, tapi kami sadar. kami juga harus mempelajari setiap materi-materi yang disampaikan.

Saya telah mencoba banyak, seperti  membuat berbagai bangun , membuat lingkaran, busur lingkaran, garis, menggambar objek, merefleksikan titik;garis;bangun, dll

Selain tugas individu, pada materi ini juga ada penugasan kelompok.  seru karena kelompok saya terdiri dari 3 orang yang sudah ditentukan oleh Mr.Lukas.

kalau tidak salah, saya dan kelompok saya telah membuat  sekitar 20-an proyek menggunakan geogebra, itu hanya yang dikumpulkan sebagai tugas, yang  lain masih banyak 8-)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun