skincare menjadi hal yang sudah tidak asing lagi didengar. Skincare yang kegunaanya beragam untuk menyelesaikan masalah kulit yang sedang dihadapi dan menjadi solusi yang tepat dalam merawat kulit. Berbagai brand berlomba-lomba menciptakan skincare dengan berbagai manfaat dan masalah kulit yang bermacam-macam.Â
Bagi perempuan khususnya dikalangan remaja,Banyak negara yang menciptakan brand skincare sesuai dengan tipe kulit masing masing negara, Seperti eropa yang kulitnya cenderung  memiliki stratum korneum yang tebal dibandingkan orang Asia. stratum korneum yaitu lapisan kulit terluar yang melindungi jaringan di lapisan bawahnya yang membuat seseorang lebih beresiko terhadap bekas luka. Indonesia termasuk ke dalam tipe kulit yang memiliki stratum korneum tipis sama dengan negara asia lainnya.
Negara Korea merupakan  negara Asia terkenal dengan skincare terbaik nya yang ampuh menyelesaikan berbagai permasalahan kulit terutama tipe kulit yang sama dengan negara Indonesia.  Kalangan anak muda Indonesia sendiri berbondong- bondong memakai brand korea seperti Innisfree, nature republic, leneige, some by mi, nacifix, cosrx, dan masi banyak brand-brand lain.
Tentunya negara Indonesia sendiri tidak mau kalah dengan brand-brand import yang merajalela di Indonesia. Inovasi inovasi yang dibuat menjadikan beberapa produk brand local menjadi terkenal dan digunakan kalangan anak muda karna manfaat manfaat dari produk tersebut yang tidak kalah dengan brand-brand luar. Tidak hanya satu atau dua brand, banyak brand yang mulai di gunakan kalangan muda karna honest review yang diberikan melalui aplikasi yang sedang ramai di kalangan anak muda seperti tik tok, twitter, female daily dan web lainnya.
Brand Indonesia seperti the originate, avoskin,scarlett, somethic, lacoco, n'pure, klaveru dan brand lainnya menciptakan berbagai manfaat dan benefit dari produknya, mereka juga memasarkan produknya dengan melihat target yang mereka sasarkan dengan menggunakan metode apa yang target mereka sukai, banyak brand yang mulai memakai brand Ambasador artis korea dan juga dengan bekerjasama dengan beuty vlogger yang memiliki pengaruh yang sangat besar di dunia skincare.Â
aplikasi Tik-Tok yang sangat berpengaruh dalam menggiring produk untuk memberitahukan benefit dan solusi masalah kulit yang terjadi. Brand brand Indonesia sendiri tidak kalah bagus dengan brand luar, melainkan brand local sekarang sudah menyeimbangi brand luar yang tidak kalah bagus benefit dan kandungan-kandungannya.Â
Dan Brand Indonesia mulai berhasil menarik perhatian para konsumen Indonesia untuk lebih menggunakan brand local dibanding brand luar dikarenakan tenant tenant brand luar sudah terlihat sepi dibanding  sebelum brand local mulai diminati masyarakat Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H