Mohon tunggu...
Ayu EvitaSari
Ayu EvitaSari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa Ilmu Pemerintahan dengan hobi menulis, menyanyi, dan memasak.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa PMM UMM Melakukan Pelatihan melalui Strategi Pengembangan Produk dan Promosi di Wisata Edukasi Orange Cake

11 November 2023   15:30 Diperbarui: 11 November 2023   15:35 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Bumiaji terletak disebelah utara Kota Batu dengan luas wilayah 478,88 Ha (9,1 km) pada ketinggian 850 -- 1.400 m di atas permukaan laut (dpl). Suhu rata-rata harian berkisar antara 20 C sampai dengan 30 C. Curah hujan rata-rata 220 mm/th dengan jumlah bulan hujan 5 bulan per tahun. Dengan kondisi geografis ini Desa Bumiaji tidak hanya terkenal dengan hasil pertaniannya tetapi juga destinasi wisata. Hasil-hasil pertanian yang dimaksud antara lain buah jeruk, apel, jambu kristal, dan juga berbagai macam sayuran. Potensi lokal ini juga menjadi salah satu penyebab mengapa Desa Bumiaji menjadi salah satu tujuan wisata. Lalu apakah pemerintah Desa Bumiaji terus melakukan tata kelola atas potensi lokal yang dimiliki, khusunya dalam menunjang perekonomian masyarakat setempat? Jawabannya tentu saja iya. Pemerintah desa selalu memberikan yang terbaik demi kemajuan desa yang mana salah satunya dapat kita lihat melalui pengembangan BUMDes dengan dibentuknya Wisata Edukasi 'Orange Cake' khas Desa Bumiaji di bawah naungan BUMDes setempat.

Wisata edukasi ini dikelola oleh seorang koordinator produksi bersama anggotanya yang secara langsung diperintahkan oleh pihak desa. Pengelola sendiri merupakan bagian dari ibu-ibu PKK Desa Bumiaji yang terus bergerak demi kemajuan perekonomian lokal melalui optimalisasi potensi lokal. Wisata Edukasi 'Orange Cake' ini sudah berdiri sejak tahun 2018 dan masih terus berproduksi sampai sekarang ini. Dalam beberapa diskusi bersama koordinator, ternyata di balik kemajuan wisata edukasi ini masih banyak hal-hal yang digaris bawahi sebagai masalah yang harus terus diantisipasi. Masalah yang dihadapi tersebut antara lain strategi penjualan produk serta keluasan pasar dan promosi yang masih rendah. Hal ini berdampak pada proses produksi olahan cake yang hanya bersistem pre-order saja atau hanya berproduksi saat ada pesananan dan acara tertentu saja. Padahal bukannya tempat wisata yang sekaligus menawarkan basis edukasi ini bisa buka dan berproduksi setiap hari? Bukannya jika tempat ini terus perbroduksi maka perekonomian masyarkat sekitar dapat semakin berkembang? Jawabnnya sudah pasti iya.

Dengan demikian program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Mitra Dosen kelompok 33 difokuskan guna melakukan optimlisasi kelembagaan melalui bantuan pengembangan fasilitas, strategi penjualan, pemasaran, serta inovasi demi memenuhi permintaan dan kemauan konsumen modern. Pengembangan fasilitas yang dilakukan yakni pemasangan banner, penataan tempat serta pembersihan lokasi. Mengingat sebelum kedatangan kelompok PMM ini, rumah produksi orange cake belum memiliki banner yang menjadi petunjuk dan identitas bahwa lokasi tersebut adalah rumah produksi produksi Orange Cake khas Desa Bumiaji.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Selain itu kelompok 33 dalam PMM ini juga memberikan pengembangan strategi penjualan melalui ide packaging dengan tujuan menarik hati konsumen serta menambah variasi bentuk penjualan dari Orange Cake. Kelompok PMM memberikan beberapa tambahan ide dintaranya perubahan bentuk cake menjadi segitiga karena mulanya cake hanya dijual dalam bentuk box, kemudian jenis wadah yang menarik, serta desain merk. Selain itu PMM kelompok 33 ini juga memberikan sosialisasi pembuatan varian menu olahan jeruk yaitu Cheescake karena olahan tersebut cukup diminati oleh para konsumen khusunya anak muda. Cheescake juga merupakan olahan yang sangat mudah untuk dibuat, rasanya yang nikmat, dan juga bergizi karena bahan dasarnya adalah regal, cream, dan buah segar.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi
Tidak berhenti sampai di situ kelompok PMM ini juga melakukan promosi melalui strategi penjualan di pusat-pusat keramaian salah satunya Car Free Day (CFD) di Kota Malang yang mana juga dilengkapi dengan pembagian puluhan brosur kepada para pengunjung. Tujuan dari kegiatan ini tidak lain adalah untuk terus memperkenalkan 'Wisata Edukasi Orange Cake' beserta produk olahannya pada publik sebagai bentuk promosi sehingga diharapkan eksistensi Orange Cake sebagai kebanggan Desa Bumiaji tidak pernah lekang oleh waktu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun