Mohon tunggu...
AYU DITA WULANDARI
AYU DITA WULANDARI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Topik 6 Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural

27 Maret 2024   10:40 Diperbarui: 27 Maret 2024   11:10 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mulai Dari Diri: Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum saya mulai mempelajari tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, saya tidak menyadari bahwa isu-isu tersebut juga akan berdampak pada peserta didik selama proses pembelajaran. Ini terkait dengan keterkaitan isu-isu tersebut dengan lingkungan belajar peserta didik. Oleh karena itu, sebagai seorang guru, penting untuk mempertimbangkan dengan bijak isu-isu perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Eksplorasi Konsep: Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Dalam topik ini, saya memahami tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik memiliki dampak yang besar terhadap pengalaman belajar peserta didik di sekolah. Isu-isu sosial seperti kesenjangan pendidikan, diskriminasi, dan keragaman sosial memengaruhi interaksi sosial dan kebutuhan belajar individu.

Ruang Kolaborasi: Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi yang telah saya eksplorasi bersama rekan-rekan, kami membahas pandangan masing-masing tentang penerapan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Kami juga menghubungkan dan menyimpulkan isu-isu terkait dengan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran, serta materi yang digunakan sebagai pendukung pada Zona Proximal Perkembangan (ZPD). Melalui kegiatan ini, saya mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang sudut pandang lain mengenai penerapan ZPD dalam proses pembelajaran.

Demonstrasi Kontekstual: Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Salah satu hal penting yang dipelajari dari proses demonstrasi kontekstual adalah melakukan kegiatan diskusi tentang presentasi teman-teman mahasiswa mengenai kesiapannya p dalam menghadapi isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Hal ini melibatkan penyampaian pandangan mengenai persamaan dan perbedaan terhadap isu-isu yang sering dihadapi dalam konteks pendidikan dan pembelajaran.

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Dari pemahaman saya sejauh ini, isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik sangatlah penting untuk dipahami dalam konteks pendidikan. Hal ini melibatkan mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait dengan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran dengan materi yang diterapkan sebagai scaffolding pada Zona Proximal Perkembangan (ZPD). Dengan memahami hal ini, kita dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, serta memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan efektif dan inklusif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun