Mulai Dari Diri: Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai pembelajaran, saya awalnya berpikir bahwa topik ini akan memperluas konsep teori Vygotsky dan mendalami tentang konsep scaffolding dalam ZPD. Pengetahuan yang saya peroleh dari topik ini akan saya terapkan dalam menjalankan peran saya sebagai guru profesional yang bertanggung jawab dalam proses pembelajaran di sekolah.
Eksplorasi Konsep: Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?Â
Topik ini menjelaskan tentang Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) yang menekankan pentingnya pemahaman tentang hubungan manusia dalam konteks sosial, budaya, dan sejarahnya. Pengaruh ZPD memiliki peranan yang sangat penting dalam proses dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, penting untuk memahami peserta didik dengan baik, termasuk latar belakang, karakter, kebutuhan, perkembangan, dan status sosial mereka. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang berfokus pada peserta didik sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Ruang Kolaborasi: Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Di dalam ruang kolaborasi dengan rekan-rekan, kami mendiskusikan pandangan mengenai strategi, metode, dan teknik yang sesuai untuk menerapkan Zona Perkembangan Proksimal (ZPD). Kami menekankan pentingnya penggunaan scaffolding oleh guru dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam proses belajar. Diskusi kami juga melibatkan pembahasan tentang kesiapan saya sebagai seorang guru untuk memahami perspektif sosiokultural dalam konteks pembelajaran. Kami sepakat bahwa seorang guru perlu memiliki kesiapan untuk merancang pengalaman pembelajaran yang beragam, serta memiliki keterbukaan untuk terus belajar dan berkembang.
Demonstrasi Kontekstual: Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Pada demonstrasi kontekstual, saya dan anggota kelompok saya mengamati presentasi yang dibawakan oleh kelompok lain. Salah satu hal penting yang saya tangkap dari materi yang disampaikan oleh teman saya adalah urgensi pemahaman aspek sosiokultural dalam proses pembelajaran siswa. Selain itu, saya juga menghargai pentingnya memberikan perhatian kepada rekan yang sedang berbicara. Dari presentasi tersebut, saya juga memperoleh beragam pandangan dari teman-teman seputar Zona Perkembangan Proksimal (ZPD), yang membuka wawasan baru bagi saya dalam menerapkan konsep tersebut. Selain itu, saya menyadari pentingnya bagi saya sendiri untuk menjadi seorang guru yang memperhatikan penerapan scaffolding pada ZPD peserta didik, guna memastikan kelancaran proses pembelajaran.
Elaborasi Pemahaman:Â
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Pemahaman saya tentang topik ini adalah bahwa penggunaan scaffolding dan Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) menuntut guru untuk menyesuaikan rancangan pembelajaran dengan kebutuhan individual peserta didik. Hal ini untuk memastikan bahwa setiap peserta didik mendapatkan bimbingan yang cocok dengan tingkat kesiapan dan kemampuan awalnya. Pendekatan ini mendorong pembelajaran aktif yang memungkinkan peserta didik untuk secara bertahap mengembangkan keterampilan dan pemahaman, serta membangun rasa percaya diri dan kemandirian dalam proses pembelajaran.