Mohon tunggu...
KKN MIT ke 16 POSKO 48
KKN MIT ke 16 POSKO 48 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Kegiatan KKN Posko 48 UIN WALISONGO

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Posko 48 KKN UIN Walisongo Melaksanakan Sosialisasi Digital Marketing Bersama PKK Desa Sudipayung

28 Agustus 2023   21:17 Diperbarui: 28 Agustus 2023   21:34 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudipayung, 15 Juli 2023 Mahasiswa Kuliah kerja Nyata UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan dengan mengusung tema "Sosialiasi Digital Marketing Untuk UMKM" yang diselenggarakan di Balai Desa Sudipayung, Kec. Ngampel, Kab. Kendal.

Sosialisasi Digital Marketing untuk UMKM ini merupakan salah satu program kerja utama, yaitu mengenai branding UMKM yang ada di Desa Sudipayung. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mindset para pelaku UMKM guna memperkenalkan secara luas produk-produk UMKM yang ada di Desa Sudipayung dengan menggunakan media sosial.

Kegiatan sosialiasai digital marketing untuk UMKM ini di hadiri oleh Ibu Kepala Desa Sudipayung serta para ibu PKK dengan materi yang disampaikan oleh tim KKN POSKO 48 UIN walisongo Semarang. Materi yang disampaikan meliputi target pasar, strategi pemasaran digital, pengaplikasi pemasaran digital, dll. Adapun setelah pemaparan materi tersebut Mahasiswa memberi contoh cara membuat produk UMKM nya serta mengaplikasikan Aplikasi Digital Marketing yang terdapat di Smartphone.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, UMKM harus mampu beradaptasi untuk mengembangkan bisnisnya, terutama menggunakan pemasaran digital seperti media sosial dalam pemasaran UMKM. Sosialisasi dilakukan kepada ibu-ibu PKK di desa Sudipayung yang masih jarang menggunakan media sosial, media digital atau e-commerce karena belum memahami pelaku UMKM. Selama ini mereka hanya mengandalkan word of mouth dari pelanggan  untuk mempromosikan produknya, sehingga sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pelaku UMKM di desa Sudipayung tentang teknik pemasaran produk di media sosial yang dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan serta efektivitas waktu dan biaya.

Setelah pemaparan materi interaktif, dibuka sesi tanya jawab. Tim kami aktif menjawab pertanyaan ibu-ibu PKK tentang implementasi aplikasi digital marketing atau pembuatan media sosial terkait jual beli. Sekaligus kami konfirmasi ke masing-masing peserta media sosial mana yang mereka gunakan untuk beriklan dan memberikan arahan untuk selalu konsisten dalam beriklan di media sosial.

Kegiatan sosialisasi digital marketing untuk UMKM ditutup dengan harapan agar peserta selaku pelaku UMKM dapat mengetahui pentingnya pemasaran produk secara digital, sehingga mereka mampu memperluas pasar produknya dan semoga dengan adanya kegiatan ini ke depan akan semakin dapat mendorong UMKM lebih maju.

                                                                                                                         

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun