Mohon tunggu...
Ayu Diah Safitri
Ayu Diah Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

-

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kreatif! Lima Mahasiwa Undip Ciptakan Buku Cerita Pop-Up sebagai Media Pembentukan Karakter bagi Anak

1 September 2022   10:05 Diperbarui: 1 September 2022   10:42 479
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Halaman Depan Buku (Sumber: dokumen pribadi)

Semarang (01/09/2022) -- Untuk memudahkan proses pembelajaran karakter bagi anak, sekelompok mahasiswa Universitas Diponegoro melalui Program Kreativitas Mahasiswa Skema Kewirausahaan (PKM-K) Tahun 2022 menciptakan sebuah inovasi berupa buku dengan berbagai fitur. Kelompok mahasiswa tersebut diketuai oleh Febiyanti Azis dengan anggota terdiri dari Ayu Diah Safitri, Muhammad Ilham, Chairullatif Aji Sadewa, dan Silvia Puspa Kumaeroh.

Gambar 2. Fitur Pop-Up (Sumber: dokumen pribadi)
Gambar 2. Fitur Pop-Up (Sumber: dokumen pribadi)

Produk bernama 'Edukit' merupakan sebuah paket berisi buku cerita dengan fitur Pop-up dan Augmented Reality, aplikasi Android, dan permainan edukatif. Produk tersebut diciptakan dengan sasaran konsumen ditujukan kepada anak usia 3-9 tahun. Mereka membutuhkan waktu enam bulan untuk membuat produk tersebut hingga akhirnya selesai.

Gambar 3. Permainan Edukatif (Sumber: dokumen pribadi)
Gambar 3. Permainan Edukatif (Sumber: dokumen pribadi)

Ide terciptanya produk Edukit berawal dari keprihatinan mereka atas adanya fenomena krisis karakter pada anak yang dapat kita jumpai secara nyata, misalnya kasus pemukulan siswa, fenomena bullying, dan sebagainya. Kemerosotan karakter pada anak menjadi momok yang menakutkan bagi berkualitas atau tidaknya suatu bangsa. Maka dari itu, diperlukan adanya pembentukan karakter pada anak yang dapat ditanamkan sejak usia dini, salah satunya melalui media pembelajaran yang menarik dan interaktif.

Produk dari mahasiswa Undip ini memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan produk lain yang serupa, antara lain:

  • Alur cerita yang sederhana dan mudah dipahami
  • Desain berwarna dan menarik
  • Fitur Pop-up untuk menarik minat pembaca
  • Fitur aplikasi yang meliputi menu scan Augmented Reality, artikel parenting, kuis interaktif, dan video edukatif
  • Fitur Augmented Reality yang memberikan kesan nyata
  • Dilengkapi dengan permainan edukatif yang memberikan pengalaman langsung untuk belajar karakter yang baik pada anak

Gambar 4. Produk Edukit (Sumber: dokumen pribadi)
Gambar 4. Produk Edukit (Sumber: dokumen pribadi)

Adanya berbagai fitur tersebut memungkinkan terjadinya peran aktif baik dari anak maupun orang tua ketika menggunakan produk tersebut. "Edukit merupakan produk PKM Kewirausahaan kami sebagai media pembelajaran karakter anak pada rentang usia 3-9 tahun. Produk kami menggunakan konsep belajar sambil bermain sehingga akan memberikan pemahaman yang lebih terutama melalui gaya belajar audio, visual, dan kinestetik," ujar Febiyanti Azis selaku ketua tim. "Kedepannya tidak menutup kemungkinan bahwa produk kami akan dikembangkan lagi dengan berbagai fitur yang lebih lengkap dan dapat merangkap media pembelajaran di sektor tingkatan lainnya," tambahnya. Mereka berharap inovasi tersebut bisa menjadi pilihan orang tua dan tenaga pendidik dalam pembelajaran karakter yang baik kepada anak-anak.

Informasi lebih lanjut mengenai Edukit dapat diakses di:

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun