Mohon tunggu...
Ayunda Priskila
Ayunda Priskila Mohon Tunggu... -

050395 | alumnus st maria monica + Don Bosco III shs | simple, writter, music lova | Binus University-Dkv new med | Tunist!

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Antara Pendidikan dan Kerja

12 Maret 2013   05:41 Diperbarui: 24 Juni 2015   16:56 247
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mungkin sebagian orang berpikir apa yang akan mereka lanjutkan setelah masa SMA berakhir. apakah akan langsung bekerja ataupun kuliah. hal itu kini berada dalam benak saya. saya sebagai siswa kelas 3 SMA harus segera menentukan apa yang harus saya lakukan setelah lulus nanti. kalau saya bekerja, kerja apa yang cocok untuk saya? sedangkan kalau saya kuliah, jurusan apa yang tepat agar saya bisa cepat bekerja setelah lulus kuliah? saya pun bertanya kepada dua orang sahabat saya yang bernama sebastian dan anna. dan mereka pun memiliki pandangan berbeda juga. sebastian misalnya, dia mengatakan kalau lebih baik bekerja karena pada saat ini uanglah yang sangat dibutuhkan. sedangkan anna berpendapat lebih baik kita kuliah dulu, karena dengan itu skill akan bertambah sehingga tidak akan kesusahan jika kerja nanti.

Berpikir tentang dunia pendidikan dan kerja saat ini memang terkesan sedikit membingungkan dan menggelitik. dimana kita yang notabenenya baru berusia belasan tahun harus dihadapkan pada pilihan yang mungkin akan 'menjerumus' atau 'membahagiakan' kita nantinya. untung saja pendidikan SMA sekarang ini mulai mengarahkan siswa/inya ke arah enterpreneurship/netpreneurship dan sebagainya. yaitu dimana siswa dibekali ilmu bekerja secara sendiri seperti wiraswata melalui dunia maya ataupun langsung.

Saya pernah mendapat kesempatan untuk berjualan di bazzar sekolah saya. disitu saya bertugas untuk menyiapkan bahan dengan modal terbatas tetapi harus bisa mendapat untung banyak. dan dalam kegiatan itu saya cukup merasa kewalahan, dan mungkin itu karena pemikiran saya belum seluas orang dewasa dan ahli dagang.

dari hal tersebut saya bisa sedikit menyipulkan kalau pada saat ini pendidikan dan kerja harus diselaraskan sebagaimana mestinya. agar tidak ada saling tumpang tindih dan kebingungan antara siswa/i. salah satu yang bisa dilakukan misalnya seperti yang sudah saya 'alami' disekolah. yaitu pengajaran tentang enterpreneurship dan netpreneurship dan memberikan kegiatan nyata guna sebagai bekal masa mendatang apabila siswa/i tersebut tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

@ayuadindaaa

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun