Mohon tunggu...
Ayu Nur Rachmawati
Ayu Nur Rachmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Inspirasi and inovasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bersama Mahasiswa KKN-T UNIPMA 2024 Mengembangkan UMKM Kerupuk Bandung Hikmah Melalui Rebranding

5 Januari 2024   11:44 Diperbarui: 17 Januari 2024   10:38 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sambipasar-UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan penunjang dan tulang punggung perekonomian Negara yang dapat menyerap hingga 97% lapangan kerja di Indonesia. Namun saat ini, UMKM menjadi salah satu yang paling rentan atas imbas dari E-Commerce. Kerupuk Bandung Hikmah beralamatkan di Desa Jambangan Dusun Sambipasar RT. 06 RW. 07 Kec. Paron, Kab. Ngawi. Kerupuk Bandung Hikmah berdiri sejak tahun 2023. Dalam menjalankan usahanya Pak Suwito menggunakan toples untuk menaruh produk krupuknya untuk membedakan dengan usaha krupuk lainnya. Krupuk Bandung hikmah yang dijalankan pak Suwito memiliki cita rasa yang berbeda. Hal yang membuat krupuk bandung ini mudah diminati konsumennya. Namun ada beberapa permasalahan pada UMKM Kerupuk Bandung Hikmah ini seperti banner, label,  media sosial dan pemasaran yang masih terbatas. Diharapkan dengan adanya pendampingan ini usaha Kerupuk Bandung Hikmah Bapak Suwito dapat lebih dikenal masyarakat dan juga mampu bersaing dengan UMKM lainnya.

Kegiatan pendampingan UMKM Kerupuk Bandung Hikmah ini dilakukan selama kurang lebih 1 Minggu (25 -31 Desember 2023) melibatkan 15 mahasiswa dan 1 orang dosen pendamping untuk kelancaran dan juga menjalankan program kerja perubahan UMKM Kerupuk Bandung Hikmah ini dapat dilihat bahwa banyak perubahan dan perkembangannya  sesudah dan sebelum adanya kegiatan pendampingan UMKM serta program apa saja yang kami lakukan selama kurang lebih 1 minggu. Mengatasi keluhan dan apa yang bisa kami bantu dengan menginovasi kemasan menjadi lebih menarik dan mempunyai logo baru, membuat konten untuk media sosial, membuat banner untuk usaha beliau, pengelolaan dan laporan keuangan yang lebih rinci dan tersusun, membuat konten media sosial untuk pemasaran yang lebih luas, penjualan melalui paltform online seperti shopee, dan membuat katalog foto produk untuk promosi dan konten sosial media. Peran digital marketing sebagai upaya peningkatan omset penjualan sangatlah penting untuk kemajuan suatu usaha.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun