Menurut  Sudjana  (dalam Tocharman), magang adalah cara  penyebaran informasi yang dilakukan secara terorganisasi. Menurut Rusidi (2 006: 3), magang merupakan salah satu mata kuliah yang harus diselesaikan setiap  mahasiswa sebagai cara mempersiapkan diri untuk menjadi SDM yang propersional  yang siap kerja. Salah satu Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) seperti yang diselenggarakan oleh Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Peserta magang memilih PT. ASABRI (Persero) ini sebagai tempat untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Yang membuat tertarik untuk melakukan praktik kerja lapangan di PT. Asabri (Persero) karena ingin lebih memahami bagaimana dunia kerja suatu perusahaan BUMN yang berhubungan dengan asuransi maupun administrasi para peserta Asabri seperti Prajurit TNI, anggota Polri dan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), yang terdiri dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kemhan, TNI dan Polri. Alasan lain yang membuat penulis memilih tempat ini adalah faktor letak perusahaan yang strategis dan akses mudah menuju kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
PT ASABRI (Persero) merupakan asuransi jiwa, sedangkan menurut sifat penyelenggaraan usahanya PT ASABRI (Persero) bersifat sosial, sehingga dapat dikatakan bahwa PT ASABRI (Persero) adalah perusahaan asuransi jiwa yang yang bersifat sosial yang diselenggarakan secara wajib berdasarkan undang-undang dan memberikan proteksi (perlindungan) finansial untuk kepentingan Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri.Â
Untuk mengoptimalkan pelayanan dan menjangkau cakupan peserta Asabri yang lebih luas. Maka, PT Asabri menyediakan pelayan dalam sistem digital berupa aplikasi yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Dengan demikian tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan Asabri  Mobile pada saat pelayanan kepesertaan dan pengklaiman dana pensiun.
Aplikasi Asabri Mobile merupakan layanan digital yang didalamnya terdapat fitur Individual Account bagi peserta untuk meningkatkan pelayanan kepada pesertanya di era digitalisasi. Oleh karena itu tujuan dalam melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan pada penggunaan ASABRI Mobile bagi kepesertaan dan dana pensiun.
Hasil yang didapat oleh peserta magang setelah melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT. Asabri (Persero) Kantor Cabang Surabaya mulai dari 1 September 2022 - 31 Oktober 2022, yaitu sebagai berikut :
- Peserta Magang menjadi lebih percaya diri dan bersosialisasi yang baik karena mulai terbiasa berkomunikasi dengan peserta Asabri dan karyawan di PT. Asabri.
- Peserta Magang mendapat Pengalaman, Ilmu Baru, serta Wawasan dalam dunia kerja khusunya tentang asuransi PT. Asabri
- Peserta magang jadi lebih disiplin waktu.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI