Mohon tunggu...
Ayu lestari
Ayu lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tetaplah hidup

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Implementasi Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah

24 Juli 2024   10:00 Diperbarui: 24 Juli 2024   10:20 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Abstrak 

Hasil belajar merupakan tujuan utama dari setiap penyelenggara pendidikan, dengan demikian untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik, maka setiap guru harus dapat menguasai berbagai konsep dan metode dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu metode yang paling popular pada saat ini adalah dengan adanya implementasi pendekatan metode contextual teaching and learning, yang mana di dalam pendekatan ini guru harus dapat mengkolaborasikan berbagai keterampilannya untuk dapat memotivasi dan memberikan inovasi belajar sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan secara aktif, kreatif, epektif, dan menyenangkan, konsep contextual teaching and learning dalam belajar belajar dapat membantu guru dalam mengkaitkan antara materi yang dipelajarinya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan sesuai dengan harapan bersama. 

Dengan implementasi strategi pembelajaran CTL di sekolah, diharapkan siswa dapat lebih aktif, kreatif, dan bersemangat dalam belajar serta mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari mereka. Sehingga, pembelajaran tidak hanya menjadi rutinitas belaka, tetapi juga menjadi pengalaman yang bermakna dan relevan bagi siswa.

Pendahuluan 

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pembangunan suatu bangsa. Untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul, maka strategi pembelajaran yang efektif dan inovatif perlu diterapkan di lingkungan sekolah. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan progresif adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).

CTL merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada relevansi dan keterkaitan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dengan menerapkan CTL, siswa diharapkan dapat memahami materi pembelajaran dengan lebih mendalam dan memperoleh keterampilan serta pengetahuan yang bermanfaat untuk kehidupan nyata. Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru dalam mengkaitkan antara materi yang dipelajarinya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan melibatkan tujuh komponen pembelajaran efektif (Marsuki Sulastri, 2019). Pendekatan pembelajaran kontekstual memiliki tujuh komponen utama pembelajaran efektif yaitu: 1. Konstruktivisme (Constructivisme), 2. Menemukan (inquiry), 3. Bertanya (Questioning), 4. Masyarakat Belajar (Learning Community), 5. Pemodelan (Modelling), 6. Refleksi (Reflection), 7. Penilaian yang sebenarnya (Authentic Assesment).

Implementasi strategi pembelajaran CTL di sekolah memerlukan kerjasama dan komitmen dari semua pihak, mulai dari kepala sekolah, guru, hingga siswa dan orang tua. Para guru perlu dilatih dan diberikan pembekalan mengenai konsep CTL agar mampu mengintegrasikannya dalam pembelajaran sehari-hari. Selain itu, perlu pula dilakukan evaluasi dan monitoring secara berkala guna memastikan efektivitas dan implementasi strategi pembelajaran CTL. Dengan menerapkan strategi pembelajaran CTL, diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, dan kreatif. Mereka juga diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam kehidupan nyata serta terus belajar dan berkembang sepanjang hayat.

Oleh karena itu, implementasi strategi pembelajaran CTL di sekolah perlu dilakukan secara terencana, komprehensif, dan berkelanjutan. Dengan demikian, diharapkan pembelajaran di sekolah tidak hanya berfokus pada penguasaan materi pelajaran, tetapi juga pada pengembangan keterampilan dan nilai-nilai positif yang diperlukan dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman.

Analisa

Implementasi strategi pembelajaran CTL di sekolah dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Berikut adalah beberapa analisa mengenai implementasi strategi pembelajaran CTL di sekolah:

1. Peningkatan aktifitas belajar siswa: Strategi pembelajaran CTL mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, baik melalui diskusi, penelitian mandiri, maupun presentasi. Dengan demikian, siswa menjadi lebih berperan dalam proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun