LK 3.1 (Untuk Mahasiswa)
JURNAL MENGAJAR
PELAKSANAAN PRAKTIK MENGAJAR (PPL) KE-1
Tanggal
Tempat
Bentuk
Waktu
Kompetensi Dasar
Indikator Capaian Pembelajaran
Jumlah Peserta Didik Hadir
: 20 September 2022
: MI MANBAUL HISAN PESANTUNAN
: Luring
: 09.15 -- 10.25 WIB
: 1.2 Menerima nilai-nilai positif dari ketentuan minuman halal dan haram
2.2 Menjalankan sikap hati- hati dan hidup sehat dengan mengonsumsi minuman halal dan menghindari minuman yang haram
3.2 Menganalisis ketentuan minuman halal dan haram dikonsumsi
4.2. Menyajikan klasifikasi minuman yang halal dan haram
: 1.2.1 Menyatakan nilai-nilai positif dari ketentuan minuman halal
2.2.1 Menampilkan sikap hati-hati dan hidup sehat dengan mengonsumsi minuman halal
3.2.1 Menguraikan Pengertian minuman halal
3.2.2 Menelaah hukum berbagai dalil tentang minuman halal
3.2.3 Mengorganisasikan jenis-jenis minuman halal
4.2.1 Mendemontrasikan klasifikasi minuman halal
: 36
No
Kendala Yang Terjadi
Dalam Pembelajaran
Ketidaksesuaian Antara Rencana (RPP)
Dengan Pelaksanaan PembelajaranÂ
Kasus / Masalah Yang MunculÂ
Dalam Pembelajaran
1.
Waktu tidak sesuai dengan jam pelajaran di RPP (Pemberian soal evaluasi)
Seharusnya mengerjakan evaluasi dikelas, sedangkan dalam pelaksanaan harus di buat seefisien mungkin.
Hasil evaluasi belum diketahui secara pasti
2.
Kondisi lingkungan yang ramai
Pembelajaran sudah sesuai RPP, namun peserta didik dari kelas lain menonton dan mengobrol.
Perhatian peserta didik terpecah / kurang focus
3.
Pengambilan rekaman yang dibantu oleh teman menggunakan HP sehingga belum maksimalD
Direncakan kegiatan pembelajaran terekam semua namun ada beberapa kegiatan yang tidak terekam karena tiba-tiba kameraman medapat panggilan telefon
Kegiatan pembelajaran tidak terekam semua
4.
dst
Pesantunan, 20 September 2022
Mahasiswa Praktikan,
Miftahudin, S.Pd.I
Â
LK 3.2 (Untuk Mahasiswa)
DAFTAR PENYELESAIAN KASUS/MASALAH
PELAKSANAAN PRAKTIK MENGAJAR (PPL) KE-1
No
Kasus/Masalah Yang Ditemukan
Dalam Pembelajaran
Faktor Penyebab
Alternatif Solusi/Tindakan
1.
Hasil evaluasi belum diketahui secara pasti
Karena terbatasnya waktu
Melanjutkan soal evaluasi di rumah
2.
Perhatian peserta didik terpecah / kurang focus
Peserta didik dari kelas lain menonton dan mengobrol.
Memberi arahan pada peserta didik yang menonton agar tenang dan tidak mengobrol.
3.
Kegiatan pembelajaran tidak terekam semua
Direncakan kegiatan pembelajaran terekam semua namun ada beberapa kegiatan yang tidak terekam karena tiba-tiba kameraman medapat panggilan telefon
Hp di mode pesawat dulu agar tidak ada pesan atau panggilan telefon
4.
Pesantunan, 20 September 2022
Mahasiswa Praktikan,
Miftahudin, S.Pd.I
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H