Mohon tunggu...
MIFTAHUDIN
MIFTAHUDIN Mohon Tunggu... Guru - Berusaha menjadi lebih baik

Guru ganteng yang murah senyum dan suka belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mangsi-Mangsinan

25 Maret 2020   17:58 Diperbarui: 25 Maret 2020   18:04 722
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menurut Wikipedia, Mangsian adalah spesies tumbuhan gulma yang termasuk ke dalam genus Phyllanthus. Tumbuhan ini secara lokal juga dikenal dengan nama dawat, malatinta, mangsi, dan ileng-ileng. Tumbuh secara liar di pinggir sawah, kebun atau sungai, dapat dijadikan tanaman pagar dan dapat pula dimanfaatkan sebagai tanaman hias bonsai.

Lebih lanjut Kata mangsian atau mangsi diambil dari kosa kata dalam Bahasa Jawa, mangsi, yang berarti tinta atau dawat, karena buah yang matang berwarna kehitam-hitaman dan cairannya mirip dengan cairan tinta.

Pembahasan tanaman ini pasti sudah banyak dibahas. Saya mencoba membahas dari sisi kenangan, memori sahabat dulu waktu kecil pasti punya kenangan bermain-main dengan tanaman ini bukan?

DokPri
DokPri
Depan rumah saya kebetulan masih ada pekarangan, dan tadi sore saya lewat kebetulan sekali ada tanaman mangsian ini. Saya foto. Saya jadi teringat dulu waktu kecil sering main-mainan tanaman ini.

Dulu buah tanaman ini saya buat sebagai salah satu alat tulis. Tepatnya sih buat coret-coret tembok atau pagar rumah orang. Kadang juga saya coret-coret ditembok pos ronda. Kebetulan dulu ada pos ronda yang dibangun permanen pake tembok.

Pos ronda yang terbengkalai dan tembok yang sudah lapuk menjadi tempat berkumpul saya dulu dengan teman-teman. Ketika bermain dipekarangan dan menemukan tanaman ini, saya dan teman-teman pasti memetiki buahnya dan dibawa ke pos ronda lalu saya "coret-coret" nama kita masing-masing.

Adakalanya juga menulis nama orang tua teman lain buat candaan. Kadangkala juga saya coret-coret diwajah ala militer ketika saya bermain "perang-perangan".

Bagai para sahabat kompasioner pasti punya pengalaman tersendiri bukan? Silahkan berbagi dikolom komentar atau bisa dalam bentuk tulisan. Bagi yang belum paham tentang tanaman ini juga bisa mencari di google.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun