Mohon tunggu...
Rizky Purwantoro S
Rizky Purwantoro S Mohon Tunggu... Lainnya - pegawai biasa

Membaca, mengkhayal dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

1453, Berbarengannya Takluknya Konstantinopel dengan Selesainya Perang 100 Tahun

12 September 2023   12:45 Diperbarui: 12 September 2023   12:47 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

1453, di tahun minimal ada tiga peristiwa besar, yang pertama adalah tahun wafatnya Rajasawardhana Dyah Wijayakumara yang merupakan maharaja ke 8 Majapahit, yang kedua adalah berakhirnya Perang 100 Tahun antara Perancis versus Inggris, sedangkan yang ketiga dan justru yang mungkin paling diingat terutama oleh kalangan muslim yang aktif atau pernah aktif dalam gerakan kampus, maka tahun itu dikenal sebagai tahun penaklukan Konstantinopel oleh Turki Ottoman di bawah kepemimpinan Sultan Muhammad 2 atau lebih dikenal sebagai Muhammad Al Fatih.

Ada teori cucoklogi bahwa kejatuhan Konstantinopel yang kedua kalinya itu (yang pertama oleh ekspedisi pasukan Salib yang salah sasaran) menyebabkan efek domino berupa kepanikan orang-orang Eropa terutama para raja-rajanya akan kehadiran "monster menakutkan" bernama Turki Ottoman. Apakah teori cucoklogi itu benar? Yang pasti, perlu ada kajian mendalam mengenai berbarengannya dua peristiwa yang dapat saling kait mengait karena lokasinya cukup berdekatan. 

Dan seandainya hanya sekedar teori cucoklogi, penaklukan kota Konstantinopel, meskipun kota itu bukan lagi sebuah ibukota imperium Byzantium atau Romawi Timur, di mana kota itu wilayah jurisdiksinya tinggal kota itu saja di tambah sedikit koloni di beberapa tempat di Yunani, tapi nampaknya cukup membuat heboh para pemimpin Eropa sehingga mungkin sempat menjadi trending topic di tahun 1453 tersebut. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun