Mohon tunggu...
Adi Dibyo
Adi Dibyo Mohon Tunggu... Guru - Guru BK SDI Makarima Kartasura dan Konsultan inklusi

Suka dengan yang namanya Psikologi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dilema BK Memberikan Hukuman Kepada Anak Saat Ini

30 Oktober 2024   12:05 Diperbarui: 30 Oktober 2024   12:08 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era modern ini, peran Bimbingan Konseling (BK) dalam mendidik anak semakin kompleks. Salah satu dilema yang dihadapi para guru BK adalah pemberian hukuman kepada anak. Di satu sisi, hukuman dianggap perlu untuk mendisiplinkan dan mencegah perilaku menyimpang. Di sisi lain, banyak yang berpendapat bahwa hukuman dapat berdampak negatif pada perkembangan anak, baik secara emosional maupun psikologis.

perlu dipahami bahwa setiap anak memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda. Hukuman yang efektif untuk satu anak mungkin tidak efektif untuk anak yang lainnya. Selain itu, metode hukuman yang diterapkan juga perlu dipertimbangkan. Hukuman fisik atau verbal yang kasar dapat menimbulkan trauma dan rasa takut pada anak, serta merusak hubungan antara guru BK dan anak.

Sebagai alternatif, guru BK dapat menerapkan pendekatan yang lebih positif dan konstruktif. Misalnya, dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk merenungkan kesalahannya, membantu mereka memahami dampak perbuatannya, dan memberikan solusi untuk memperbaiki perilaku mereka. Pendekatan ini lebih berfokus pada pemulihan dan pengembangan karakter anak, daripada sekedar memberikan hukuman.

namun, penting untuk diingatkan bahwa setiap kasus memiliki konteksnya sendiri. terkadang, hukuman memang diperlukan untuk menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan sekolah. Dalam hal ini, guru BK perlu memilih metode hukuman yang tepat dan proporsional dengan pelanggaran yang dilakukan.

Dilema pemberian hukuman kepada anak oleh guru BK merupakan isu yang kompleks dan membutuhkan pendekatan yang bijaksana. Penting untuk memahami bahwa setiap anak berbeda dan membutuhkan penanganan yang berbeda pula. guru BK harus mampu memilih metode yang tepat dan efektif, serta selalu mengedepankan kepentingan terbaik anak.

membangun hubungan yang positif dan saling percaya antara guru BK dan anak merupakan kunci dalam mengatasi dilema ini. Dengan memahami kebutuhan dan karakteristik anak, guru BK dapat memberikan bimbingan dan dukungan yang tepat, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan berakhlak mulia

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun