Mohon tunggu...
Axel YofanMaryanto
Axel YofanMaryanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Geladi Hominisasi 6

8 April 2022   10:37 Diperbarui: 8 April 2022   11:00 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Setelah mengisi link pendaftaran geladi, saya mendapatkan email tugas yang harus dikerjakan sebelum mengikuti geladi. Dalam tugas tersebut, saya harus menyimak lagu Indonesia Raya 3 stanza dan mencari bagian syair yang paling menarik bagi saya. Bagian syair yang menarik buat saya adalah “Indonesia tanah yang mulia, tanah kita yang kaya” karena mengingatkan kita sebagai warga negara bahwa Indonesia merupakan negeri yang kaya yang harus dimaksimalkan dengan baik. Di tanggal 3 April, saya mengikuti geladi tersebut dengan masuk ke ruang zoom tepat waktu. Setelah diberikan beberapa penjelasan dan arahan, kami bergabung bersama kelompok kami masing-masing untuk membahas tema yang telah ditentukan yang nantinya akan di presentasikan. Setelah itu kami di bagi kembali ke dalam breakout room yang 1 breakout room terdiri dari 3 kelompok untuk presentasi. Setelah presentasi, kami di beri arahan mengenai tugas pasca geladi dan penutupan. Geladi pada hari itu pun selesai dan kami melanjutkan mengerjakan tugas pasca geladi.

Refleksi pengalaman saya terkait geladi ini adalah saya mendapatkan ilmu dan pengalaman mengenai cara presentasi dengan baik. Terkadang saat presentasi badan saya terasa kaku karena tegang atau saya menggunakan bahasa yang kurang enak untuk di dengar orang. Sehingga dari geladi ini saya menjadi belajar bagaimana cara saya agar terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia yang baku dan baik serta sopan. Selain itu, dengan adanya quizizz mengenai Indonesia, itu menambah pengetahuan saya tentang Indonesia yang sebelumnya saya tidak mengetahuinya sama sekali.

Kemampuan menggunakan logika dan bahasa sangat penting karena  dengan menggunakan logika, kita bisa membedakan mana yang benar dan mana yang tidak. Kemampuan berbahasa juga penting karena dengan bahasa terebut kita dapat saling berkomunikasi meskipun suku yang berbeda-beda.

Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti geladi ini adalah saya mendapatkan pengetahuan baru khususnya tentang Indonesia yang sebelumnya saya tidak tahu sama sekali. Selain itu saat tugas bersama kelompok, saya mendapat teman baru dan belajar bagaimana bersosialisasi dan menyampaikan pendapat saya. Saya juga belajar untuk berbicara di depan umum saat presentasi.

Kemampuan yang saya dapat dari geladi ini yang akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah adalah kemampuan saat presentasi. Presentasi itu berarti kita harus menguasai materi yang dibawakan, percaya diri, dan menggunakan bahasa yang tepat agar dapat menarik pendengar. Cara saya untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir adalah dengan membiasakan diri saya untuk berpikir dengan kritis dan berpikir panjang sebelum memutuskan atau menyimpulkan sesuatu. Untuk meningkatkan kemampuan saya dalam berbahasa, saya akan menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi, mempelajari kosa kata baru, dan melatih berbicara di depan umum.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun