Satu per satu.
Ingin kaya? kerja. Ingin punya keterampilan? belajar. Ingin sehat? olahraga.
Ingin semuanya? kerjakan semuanya. Satu per satu.
Ada banyak hal yang harus kita lakukan dalam satu hari. Ada kegiatan yang berulang, ada yang sekali waktu. Ada yang harus segera dilakukan, ada yang bisa ditunda.
Lalu, apa yang harus dilakukan saat ada banyak hal yang harus dilakukan ?
Time management dapat menjadi solusi. Kelola waktu sebaik mungkin. Kerjakan hal yang paling penting dahulu atau biasa disebut skala prioritas. Ada kalanya tugas yang datang hari ini bisa dikerjakan lain hari, atau harus dikerjakan saat itu juga. Itulah pentingnya skala prioritas, tentukan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
Setelah itu, tentukan batasan waktu untuk mengerjakan sesuatu. Hal ini membantu kita untuk lebih fokus terhadap satu hal. Kita bisa juga membagi pekerjaan menjadi beberapa tahap. Hari ini mengerjakan pendahuluan dulu misal, besok mengerjakan isi, lusa menyelesaikan kesimpulan dan penutup. Hal ini dapat membantu kita lebih fokus pada tiap tahapan pekerjaan.
Lagi, jangan lupa istirahat. Tubuh dan otak kita perlu diberi waktu untuk rehat. Di tengah-tengah pekerjaan, beri jeda waktu sebentar. Tak perlu lama, beberapa menit sudah cukup untuk menyegarkan diri. Tidur yang cukup juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh.
Teorinya sih gampang, ya! Penerapannya nih, yang tak semudah itu. Tapi bagaimanapun, kita harus berusaha dan belajar melakukannya. Yuk, belajar bersama.Â
Semoga bermanfaat.