Mohon tunggu...
Axel ImmoristaNoel
Axel ImmoristaNoel Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa UNPAR

Hobi: menonton, membaca, membersihkan dan merapikan sesuatu

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tugas Geladi Hominisasi 5

28 Oktober 2022   18:55 Diperbarui: 28 Oktober 2022   19:13 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perkenalkan nama saya Axel Immorista Noel dari Fakultas Teknologi Industri, program studi Teknik Industri dengan nomor NPM: 6132201117. Saya akan menjelaskan mengenai kegiatan yang diadakan UNPAR yakni Geladi Hominisasi yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang mengambil MKU (Mata Kuliah Umum) Bahasa Indonesia, PKN, dan Logika. Kegiatan ini memiliki beberapa tahapan, mulai dari kegiatan pada saat pra-Geladi Hominisasi, Hominisasi, dan pasca hominisasi yang saya lakukan pada saat saya membuat narasi ini.

Pertama-tama, saya akan menjelaskan mengenai kegiatan pra-Geladi Hominisasi. Kegiatan ini dilaksanakan beberapa hari sebelum kegiatan Geladi Hominisasi dimulai. Kegiatan yang kami lakukan adalah membuat 2 tugas. Tugas yang pertama adalah memilih salah satu syair dari lirik lagu kebangsaan,  Indonesia Raya, yang menurut saya memberi kesan mendalam. Lalu, tugas ke-2 yang kami lakukan adalah dengan menonton salah satu  dari sepuluh video yang tersedia dan memberikan tanggapan mengenai video tersebut. Tugas tersebut dikumpulkan melalui media Google Form.

Lalu tibalah pada hari H pelaksanaan gladi hominisasi. Pertama-tama, kami disambut oleh para fasilitator dengan sapaan dan beberapa patah kata. Setelah itu, kami menyanyikan lagu himne UNPAR dan Indonesia Raya. Setelah itu, kami juga menonton beberapa video pembukaan yang berisi sapaan dari kepala LPH dan Geladi Hominisasi. Setelah itu, kami masuk ke dalam BreakOut Room yang sudah ditentukan sebelumnya. Pada saat itu, saya berada di kelompok 1. Kelompok tersebut sudah saya dan teman-teman saya dapatkan sebelumnya disertai dengan tema untuk didiskusikan dengan anggota kelompok lainnya. Kami berdiskusi dengan tema "Hari Pangan Sedunia". Kami Kami juga ditemani oleh salah satu fasilitator yakni Pak Batu Mardohar Simanjuntak.

Setelah kami berdiskusi, kami membuat narasi yang nantinya akan digunakan sebagai bahan untuk mempresentasikan hasil diskusi kami. Setelah saya dan teman-teman saya membuat narasi tersebut, kami melakukan uji coba presentasi di depan fasilitator kami. Setelah selesai melakukan hal tersebut, kami kembali ke Main Room. Di sana kami dipecah lagi menjadi 4 kelompok besar dan di dalamnya kami mempresentasikan hasil diskusi kami. Setelah proses presentasi selesai, kami mengisi presensi dan melaksanakan doa penutup. Setelah itu, acara selesai.

Setelah saya mengikuti geladi hominisasi, saya mengerti, mengapa saya memerlukan kemampuan dalam menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara, yakni agar saya dapat menjadi warga negara yang bisa berpikir kritis dan berlogika dengan baik, kita juga bisa menyampaikan informasi yang kita dapatkan dengan perantaraan bahasa yang sesuai dengan kaidah kebahasaan.

Banyak manfaat yang saya dapatkan setelah saya mengikuti geladi hominisasi. Manfaat yang saya dapatkan adalah, saya bisa bertemu dengan banyak teman yang baru, saya juga dilatih untuk bisa menggunakan bahasa dan logika dengan benar. Saya juga belajar untuk bisa menerima pendapat yang orang lain sampaikan, terutama dalam berdiskusi kelompok.

Semua manfaat yang saya dapatkan dari kegiatan geladi Hominisasi yang singkat tersebut bisa saya terapkan dalam menjalani kehidupan di perkuliahan. Mungkin pada awalnya, saya akan merasa kesulitan dalam mempraktikkannya. Akan tetapi ketika saya mau mencoba, saya pada akhirnya bisa menerapkannya dalam kehidupan perkuliahan saya dan saya yakin dengan hal itu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun