masalah yang terjadi dirumah sakit merupakan tanda ketidakpuasan pasien terhadap baik pelayanan, maupun hal hal yang lainnya yang terjadi didalam sebuah rumah sakit.masalah biasanya berujung untuk mencari sebuah solusi yang baik bagi kedua belah pihak. biasanya masalah didalam rumah sakit terjadi maka akan ada hubungannya dengan HUMAS ( hubungan masyarakat ) didalam rumah sakit. HUMAS merupakan sebuah bagian / divisi yang bertanggung jawab dalam melakukan interaksi dengan masyarakat, hubungan dengan masyarakat serta kerja sama dengan masyarakat.Â
jika didalam sebuah rumah sakit terdapat masalah maka bagian HUMAS lah yang akan melakukan sebuah komunikasi. humas dapat mengelola serta menyampaikan dan menyebarkan sebuah informasi biasanya untuk public.Â
dengan adanya penyampaian informasi dari HUMAS rumah sakit ini diharapkan audiens / masyarakat dapat memahami bagaimana dan kenapa masalah tertentu .Â
HUMAS ditiap tiap rumah sakit memiliki tujuan yakni membuat masyarakat serta organisasi - organisasi saling memiliki interaksi dan saling mengenal satu sama lain. dengan demikian, Humas hendaknya menunjukan upaya upaya komunikasi untuk memperkenalkan serta mengerti hal hal yang akan terjadi.Â
jika didalam sebuah rumah sakit terdapat sebuah masalah yang mana pasien memberitakan jika rumah sakit tersebutlah yang menangani sebuah pasien dan dinyatakan gagal, sehingga membuat citra sebuah Rumah Sakit menjadi buruk didepan mata public. maka biasanya bagian humas akan melakukan :
1. Â humas biasanya akan mencari cari sebuah fakta dari masalah yang timbul. humas melakukan riset dan mencari sebanyak banyaknya fakta apa saja yang terjadi didalam sebuah rumah sakit sebelum mengambil tindakan.
2. setelah humas menemukan fakta fakta tersebut, maka perlu dilakukan perencanaan. humas akan membuat rencana rencana apa yang harus dikerjakan contohnya seperti menetapkan program program kerja yang terarah dengan public.
3. setelah ditetapkannya program program yang direncanakan maka humas akan membuat tindakan tindakan berdasar pada program yang sudah dibuat sebelumnya, tindakan komunikasi tersebut dilakukan berdasarkan fakta yang terjadi sehingga dapat mempengaruhi bagaimana opini opini yang ada di mata public.
4. setelah melakukan tindakan tindakan bagian humas akan melakukan evaluasi bagaimana proses proses yang dijalankan dari awal hingga akhir apakah berjalan sesuai dengan rencana dan membuat citra rumah sakit kembali baik namanya ataupun malah sebaliknya.
contoh kasus yang memerlukan humas sebagai perantara dan menyelamatkan citra rumah sakit :
kasus dugaan malpraktik yang terjadi disebuah rumah sakit malang yaitu rumah sakit SAIFUL ANWAR.