Pengelolaan Program yang Berpihak Pada Murid
Oleh : AWALUDIN, S.Pd
Hal-hal menarik yang dapat Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan bagaimana benang merah yang bisa Anda tarik dari keterkaitan antarmateri yang diberikan dalam modul 3.3?
1. Program yang dibuat dari pemetaaan asset yang telah dilakukan
2. Pembuatan Program yang langkah penerapan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarakan Rencan dan Atur Eksekusi)
3. Pengelolaan Program dengan Manajemen MELR (monitoring, evaluation, learning dan reporting)
4. Pengelolaan Program dengan Manajemen Resiko (Resiko strategis, Resiko finansial, Resiko Operasional, Resiko Pemenuhan dan Resiko reputasi)
Benang merah yang dapat ditarik
Dalam merencanakan program yang berpihak kepada murid hendaknya melihat potensi yang ada pada murid sebagai kekuatan dengan menggunakan pemetaan, model dan strategi yang tepat.
Apakah kaitan antara pemetaan sumber daya dengan perencanaan program sekolah yang berdampak pada murid?
Berdasarkan filosofi Ki Hajar Dewantara seorang guru dianalogikan bagai seorang petani dan murid dianalogikan sebagai tanaman, dimana setiap tanaman mempunyai cara perlakukan yang berbeda, sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, dalam implemntasinya untuk menghargai setiap perbedaan kodrat yang dimiliki peserta didik, maka diterpakan pembelajaran berdiferensiasi dimana pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, Kompetensi Sosial Emosional dan Pembiasaan Budaya Positif.