Mohon tunggu...
Awaluddin aceh
Awaluddin aceh Mohon Tunggu... Guru - Guru Sejarah di SMAN 1 Kluet Timur

Penulis Lepas

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hukuman yang Positif untuk Siswa yang Super Aktif

7 Agustus 2024   07:19 Diperbarui: 7 Agustus 2024   07:23 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (sumber gambar: akupintar.id)

Dalam dunia pendidikan, pengelolaan perilaku siswa sering kali menjadi tantangan tersendiri, terutama ketika berhadapan dengan siswa yang sangat aktif atau hiperaktif. Siswa seperti ini sering kali menunjukkan tingkat energi yang tinggi dan terkadang berperilaku di luar batas norma kelas. Namun, pendekatan hukuman tradisional yang bersifat negatif sering kali tidak efektif dan dapat berdampak buruk pada perkembangan sosial dan emosional siswa. Oleh karena itu, penting untuk menggali konsep hukuman yang positif sebagai alternatif yang lebih konstruktif.

1. Memahami Kebutuhan Siswa Super Aktif

Sebelum merumuskan hukuman, penting untuk memahami akar penyebab perilaku aktif siswa. Siswa yang super aktif sering kali menunjukkan kebutuhan untuk bergerak dan berinteraksi lebih banyak daripada siswa lainnya. Mereka mungkin juga merasa kurang tertantang dengan aktivitas yang ada di kelas atau memiliki kebutuhan untuk mendapatkan perhatian lebih dari guru. Memahami kebutuhan ini adalah langkah pertama dalam menentukan pendekatan hukuman yang positif.

2. Pengertian Hukuman Positif

Hukuman positif dalam konteks pendidikan berbeda dari hukuman tradisional. Pendekatan ini lebih berfokus pada memberikan konsekuensi yang mendidik dan membangun, ketimbang sekadar menghukum. Tujuan utamanya adalah membantu siswa memahami perilaku yang diharapkan dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk berperilaku dengan cara yang lebih sesuai.

3. Teknik Hukuman Positif

Beberapa teknik hukuman positif yang dapat diterapkan untuk siswa super aktif meliputi:

  • Penugasan Khusus: Alih-alih mengabaikan perilaku yang tidak diinginkan, berikan siswa tanggung jawab tambahan yang relevan dengan minat dan kemampuannya. Misalnya, jika seorang siswa sering kali terganggu karena kelebihan energi, beri mereka tugas yang melibatkan aktivitas fisik yang produktif, seperti membantu dalam proyek kebersihan kelas atau menjadi asisten dalam kegiatan luar ruangan.
  • Pengaturan Lingkungan Kelas: Modifikasi lingkungan kelas untuk memfasilitasi kebutuhan gerakan siswa. Misalnya, gunakan kursi duduk yang dapat bergerak atau berikan kesempatan untuk berdiri saat bekerja. Hal ini memungkinkan siswa untuk tetap aktif namun dalam batas yang dapat diterima dalam lingkungan belajar.
  • Kontrak Perilaku: Buatlah kontrak perilaku dengan siswa yang mencakup tujuan dan ekspektasi yang jelas. Kontrak ini harus mencakup konsekuensi positif jika siswa memenuhi tujuan dan cara untuk memperbaiki perilaku jika mereka tidak berhasil. Kontrak ini harus dibuat secara kolaboratif dengan siswa, sehingga mereka merasa memiliki tanggung jawab atas perilaku mereka.
  • Pujian dan Penghargaan: Seringkali, siswa super aktif memerlukan dorongan tambahan untuk berperilaku sesuai harapan. Berikan pujian yang tulus dan penghargaan kecil setiap kali mereka menunjukkan perilaku positif atau berhasil mengendalikan impuls mereka. Penghargaan ini dapat berupa stiker, waktu istirahat tambahan, atau kesempatan untuk memilih aktivitas yang mereka sukai.
  • Waktu Refleksi: Alih-alih mengisolasi siswa, gunakan waktu refleksi sebagai kesempatan bagi siswa untuk berpikir tentang perilaku mereka. Sediakan waktu di mana siswa dapat duduk dengan tenang dan menilai bagaimana perilaku mereka mempengaruhi diri mereka sendiri dan orang lain. Diskusikan dengan mereka strategi alternatif untuk mengelola energi mereka.

4. Manfaat dari Pendekatan Positif

Menggunakan hukuman positif memiliki banyak manfaat. Pertama, pendekatan ini membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting, seperti empati, tanggung jawab, dan kemampuan untuk bekerja sama. Kedua, siswa yang merasa dipahami dan dihargai cenderung memiliki motivasi yang lebih tinggi untuk memperbaiki perilaku mereka dibandingkan jika mereka merasa dihukum atau diabaikan.

Pendekatan ini juga mengurangi risiko dampak negatif seperti penurunan rasa percaya diri dan masalah perilaku lebih lanjut yang sering kali terjadi dengan hukuman tradisional. Dengan memberikan siswa kesempatan untuk memperbaiki perilaku mereka secara konstruktif, mereka belajar untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka dan menjadi lebih sadar akan dampak dari perilaku mereka terhadap orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun