Mohon tunggu...
Awaluddin aceh
Awaluddin aceh Mohon Tunggu... Guru - Guru Sejarah di SMAN 1 Kluet Timur

Penulis Lepas

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Siswa SMP Tidak Bisa Membaca, Salah Siapa?

3 Agustus 2024   09:09 Diperbarui: 3 Agustus 2024   09:15 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa Siswi SMP (Ilustrasi. sumber gambar:https://m.jpnn.com) 

Fenomena siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tidak bisa membaca menjadi sorotan serius dalam dunia pendidikan di Indonesia. Di usia yang seharusnya sudah melewati tahap dasar dalam hal literasi, masih ada anak-anak yang kesulitan memahami teks sederhana. Lalu, timbul pertanyaan: salah siapa? Apakah kesalahan ini sepenuhnya berada di pundak siswa, atau ada faktor-faktor lain yang turut berkontribusi?

Peran Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar merupakan fondasi yang sangat penting dalam pembentukan kemampuan literasi. Dari TK hingga SD, anak-anak diajarkan huruf, kata, dan kalimat. Di sini, kemampuan dasar membaca harusnya sudah dikuasai sebelum mereka melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, kenyataannya tidak semua siswa mendapatkan fondasi yang kuat.

Pendidikan di tingkat SD sering kali menghadapi berbagai tantangan, mulai dari kualitas pengajaran, jumlah murid yang terlalu banyak, hingga ketersediaan fasilitas pendidikan yang memadai. Guru yang terpaksa mengajar banyak siswa dalam satu kelas mungkin tidak bisa memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan. Akibatnya, ada siswa yang "tertular" dan melanjutkan ke jenjang SMP dengan kemampuan membaca yang minim.

Peran Guru dan Kurikulum

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan literasi siswa. Namun, beban yang besar dan kurikulum yang padat sering kali menjadi tantangan. Kurikulum yang ada saat ini kadang-kadang terlalu fokus pada pencapaian target akademik, sehingga aspek pengembangan dasar, seperti kemampuan membaca, kurang mendapatkan perhatian yang memadai.

Selain itu, tidak semua guru dilengkapi dengan metode pengajaran yang efektif dalam menangani siswa dengan kemampuan baca yang rendah. Ada kecenderungan untuk "melanjutkan" materi tanpa memastikan bahwa semua siswa benar-benar memahami apa yang diajarkan. Ketika siswa yang tidak bisa membaca dibiarkan tertinggal, masalah ini hanya akan membesar seiring waktu.

Peran Orang Tua dan Lingkungan

Orang tua merupakan guru pertama bagi anak-anak mereka. Dalam beberapa kasus, minimnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak turut berkontribusi pada rendahnya kemampuan membaca siswa. Di era digital ini, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget daripada membaca buku. Kurangnya kebiasaan membaca di rumah menjadi salah satu faktor utama mengapa kemampuan literasi anak-anak menurun.

Lingkungan tempat tinggal juga memainkan peran penting. Anak-anak yang tumbuh di lingkungan yang minim akses terhadap buku atau bahan bacaan cenderung mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan membaca. Jika lingkungan tidak mendukung, bahkan dengan pendidikan formal yang baik pun, siswa bisa saja mengalami kesulitan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun