Mohon tunggu...
Awalia Riyani
Awalia Riyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Terus berkarya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Pemasaran Pancake Ikan

10 November 2021   20:03 Diperbarui: 10 November 2021   20:06 516
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh

Junianto1 dan Awalia Riyani2

  • Dosen Departemen Perikanan_UNPAD
  • Mahasiswa Program Studi Perikanan _ UNPAD

Pancake merupakan kue yang memiliki rasa manis dan gurih, dari adonan batter yang dipanggang dengan frying pan serta berbentuk bulat dan pipih. Adonan batter merupakan adonan cair yang terdiri dari tepung terigu, telur, gula, garam, bahan cair (air atau susu) serta baking powder yang diaduk sehingga teremulsi dan dimatangkan dengan teknik pemanggangan.

Pada produk ini bahan utama yang digunakan adalah ikan nila atau tilapia.  Ikan dipilih karena mudah diperoleh, berdaging tebal, tidak ada duri dalam daging dan dagingnya berwarna putih. 

Dengan adanya penambahan daging nila pada burger pancake akan dapat meningkatkan tingkat kesukaan berdasarkan parameter organoleptik meliputi warna, aroma, kerenyahan dan rasa, dan juga nilai gizi.  Penambahan daging ikan nila pada burger pancake merupakan suatu bentuk fortifikasi protein.

  • Berikut ini merupakan proses pembuatan Pancake ikan nila
  • Tahap pembuatan filet Ikan:
  • Siapkan Ikan Nila, filet dan pisahkan bagian kulit
  • Setelah itu filet ikan nila kedalam air es untuk menghilangkan bau amis lalu beri garam sedikit
  • Tunggu beberapa menit, lalu filet ikan nila digiling  menggunakan blender hingga halus

Tahap pembuatan adonan pancake:

  • Masukan tepung terigu, kuning telur dan sedikit garam, aduk hingga semuanya tercampur
  • Lalu masukan ikan yang telah digiling kedalam adonan pancake
  • Aduk hinggga semuanya tercampur dan agak mengembang
  • Kemudian kocok putih telur menggunakan mixer sampai mengental
  • Setelah itu masukan adonan putih telur kedalam adonan pancake dan aduk
  • Panaskan teflon anti lengket dan oleskan sedikit margarin, gunakan api kecil
  • Tuangkan  2.5 sendok sayur adonan kedalam teflon dan tutup menggunakan tutup panci
  • Tunggu sebentar dan balik adonan  hingga matang, lalu angkat
  • Tambahka toping diantas pancake ikan nila
  •             Keunggulan produk ini yaitu memiliki tekstur yang lembut menjadikan pancake ikan nila ini sebagai dessert untuk semua kalangan
  •             Konsumen membutuhkan "pencake" ini untuk memenuhi kebutuhan fisiologisnya.  Kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan manusia yang terkait dengan fungsi-fungsi fisiologis, seperti bergerak, tumbuh, berkembang biak, dan lain-lain.

Segmentasi pasar untuk produk pancake ikan nila yaitu dengan metode static attribute segmentation demografis dan juga geografis. Produk ini berlaku untuk semua jenis kelamin, umur diatas 5 tahun. Pancake ikan nila ini sangat cocok disantap untuk acara berkumpul kapan pun.    

  • Persaingan produk pancake berada dalam level persaingan merek dan persaingan bentuk produk.   Upaya memenangkan persaingan ini adalah menghasilkan produk dengan kualitas yang baik namun tetap dengan harga yang bersahabat.  Tantangan yang dihadapi adalah harus berani bersaing.  Faktor yang perlu diperhatikan dalam pemasaran pancake ikan yaitu rasa, bentuk, aroma dan kemasan yang digunakan.
  • Promosi yang digunakan pada pemasaran pancake ikan nila ini adalah memanfaatkan media on line seperti facebook, intragram dan lainnya.  Namun demikian dalam kegiatan promosi ini perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • -  Apa sasaran yang ingin dicapai melalui promosi
  • -  Berapa anggaran yang diperlukan
  • .-  Apa pesan yang ingin disampaikan
  • - Apa metode promosi yang digunakan, apakah iklan, personal selling,

Distribusi produk pancake ikan tergolong sederhana yang dapat dilakukan melalui beberapa bagian hingga mencapai konsumen.

  • Opsi pertama : Tempat produksi  konsumen
  • Konsumen dapat membeli langsung produk pancake ikan nila ke tempat produksi baik itu dalam skala kecil ataupun besar
  • Opsi kedua : Tempat produksi  e-commerce  Konsumen

Proses distribusi diawali dengan pengemasan pancake ikan yang telah diproduksi kemudian penyimpanan, pengantaran/transportasi ke grosir/agen, eceran hingga sampai kepada konsumen.

Transportasi yang digunakan untuk pendistribusian produk menggunakan pemesanan online menggunakan jasa kurir, pengemasan menggunakan plastik kemasan yang sudah dicetak dengan desain/logo pancake ikan kemudiaan dimasukkan kedalam dus kecil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun