Mohon tunggu...
Money

Saiful Arif: Marketing Itu Intinya Kreatif

15 Januari 2018   15:04 Diperbarui: 15 Januari 2018   15:49 668
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pemasaran atau marketing bukan melulu tentang menjual barang kepada pembeli. Marketingsaat ini telah berkembang dan bergeser seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu jenis marketing yang sedang melambung adalah internet marketingatau e-marketing.

"Marketingitu intinya yang paling inti adalah kreatif. Gak ada ilmu yang pasti. Seperti jualan kopi itu lo, bisa belajar dari turun menurun," ujar Saiful pada saat membuka pelatihan E-Marketing di Hotel Tidar, Malang.

Pelatihan E-marketing telah diselenggarakan pada Senin (09/01/2018). Acara ini bertajuk "Pelatihan OnlineMarketing" dan diisi oleh Saiful Arif sebagai pegiat online marketing dan sosial media. Pelatihan e-marketing dipesertai oleh delegasi dari enam desa dampingan Komunitas Averroes yang dilaksanakan di Hotel Tidar, Kota Malang.

Fokus utama peserta pada pelatihan ini adalah pemuda-pemuda desa. Pemuda desa dianggap mampu menjadi aktor dalam e-marketing. Selain itu, pemuda desa juga lebih melekteknologi dan lebih segar dalam menyerap informasi.

"Langsung kita gambarkan mengenai pasar, dalam internet ada begitu banyak ribuan dan jutaan orang, mungkin kalau pasar krempyeng aja yah paling 20-30 orang saja." imbuh Saiful.

Acara ini adalah tindak lanjut dari Program Agrobisnis dan Agrowisata Desa Inovatif. Didasarkan pada kebutuhan desa untuk memasarkan usaha milik desa agar lebih berkembang. Internet memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya pemasaran. Maka dari itu, pelatihan kusus tentang e-marketingpenting diadakan.  

Saat ini perkembangan teknologi kian pesat, dan pemasaran- pemasaran produk telah merambah ke digital. Perkembangan dunia digital ini sangat cepat karena dapat memotong ongkos distribusi dan dapat menjangkau area pemasaran yang lebih luas. E- marketing jika dikuasai secara serius dan  secara signifikan.

Dengan menguasai strategi e-marketing, desa diharapkan mampu memasarkan hasil produk olahan karya masyarakat desa secara lebih modern dan efektif. [Dina]

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun