Mohon tunggu...
Aurisa Desanti
Aurisa Desanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen, Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Saya adalah mahasiswa semester 6 jurusan Manajemen dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Memiliki ketertarikan dengan dunia bisnis dan keuangan.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Kembangkan Usahamu dengan Digital Marketing

20 Mei 2023   21:39 Diperbarui: 20 Mei 2023   21:46 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dengan meningkatnya persaingan bisnis saat ini dan penggunaan teknologi yang semakin masif. Membawa dampak yang besar dalam bidang marketing pada pelaku bisnis UMKM. Pemanfaatan media digital untuk kegiatan pemasaran seakan-akan menjadi hal wajib yang perlu di lakukan oleh pelaku bisnis UMKM.

Dibalik masifnya penggunaan media digital untuk kegiatan pemasaran, perlu diketahui bahwa ada banyak manfaat yang dapat diambil oleh pelaku bisnis UMKM. Apa saja manfaatnya, simak pembahasan di bawah ini:

1. Sarana untuk Branding

Media digital yang ada sekarang dapat dimanfaatkan untuk sarana branding. Branding ini sangat penting dilakukan untuk memberikan citra produk agar dapat menarik dan meninggalkan kesan pada konsumen. Hal ini juga dapat memberikan kesan bahwa brand yang dibuat memiliki keunggulan dan keunikan dibanding brand lain.

2. Memperluas Jangkauan Pasar

Dengan media digital pelaku bisnis UMKM juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini dikarenakan media digital dapat di akses diseluruh dunia dan dari berbagai kalangan masyarakat. Namun, akan lebih baik jika pelaku bisnis UMKM dapat menentukan target market yang sesuai dengan produknya kemudian memilih media digital yang sesuai dengan target pasar tersebut. Dengan demikian sasaran market akan dapat dicapai.

3. Membantu Mengetahui Tren Terbaru untuk Pemasaran

Menggunakan media digital juga membantu dalam mengetahui tren terkini yang dapat digunakan untuk pemasaran. Hal ini berkaitan dengan pembuatan konten sebagai bahan pemasaran. Pelaku bisnis UMKM akan lebih mudah untuk mengetahui seperti apa tren pemasaran yang sedang berlangsung dan dengan segera menjadi ide konten. Jika sedang menggunakan hal yang tren saat itu akan lebih mudah untuk tampil di beranda media digital calon konsumen sehingga akan meningkatkan jangkauan pasar.

4. Media Promosi Menjadi Lebih Hemat

Promosi yang dilakukan melalui media digital cenderung lebih hemat karena ada banyak media digital yang dapat digunakan secara gratis dengan fitur yang cukup lengkap. Sangat cocok digunakan untuk pelaku bisnis UMKM yang masih memiliki modal yang sedikit. Namun, bagi pelaku bisnis UMKM yang sudah cukup besar dapat meningkatkan pemasaran dengan menggunakan fitur media digital secara berbayar agar lebih optimal dan juga dapat menjalin kerja sama dengan influencer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun