Mohon tunggu...
Aurila Nuarie
Aurila Nuarie Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNEJ Memberdayakan Penjahit di Jember Kidul

10 September 2021   09:14 Diperbarui: 10 September 2021   09:20 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Proses Pembuatan Masker Kain

Mencermati akan permasalahan yang dialami oleh Fisma Collection yaitu terjadinya penurunan omset selama pandemi, maka saya Aurila Nuarie, Mahasiswi Universitas Jember (https://unej.ac.id/) yang saat ini sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village di Kelurahan Jember Kidul, tertarik untuk membantu pelaku usaha menjahit (Fisma Collection) di kelurahan ini agar dapat keluar dari permasalahan yang diakibatkan pandemi Covid-19. Oleh karena itu, dalam rangka kegiatan KKN UNEJ (https://unej.ac.id/)Back to Village di Kelurahan Jember Kidul maka diadakan program untuk mengajak pelaku usaha menjahit (Fisma Collection) melakukan sebuah inovasi baru untuk Fisma Collection yaitu produksi dan pengembangan masker kain serta strategi digital marketing sebagai program pemberdayaan penjahit dengan memanfaatkan media sosial dan market place. Sehingga tujuan yang diharapkan dari adanya KKN UNEJ (https://unej.ac.id/)ini adalah meningkatnya kemampuan pelaku usaha dalam melakukan pengembangan produk, jangkauan pemasaran yang lebih luas, dan dapat memanfaatkan platform digital untuk pemasaran dan penjualan produk.

Program Kerja

Program yang akan dilakukan digunakan untuk mengatasi permasalahan pada Fisma Collection yaitu dimulai dari melakukan komunikasi bersama dengan Ketua RT setempat dan Kepala Desa Jember Kidul dalam meminta izin untuk melaksanakan program KKN UNEJ Back to Village III di Kelurahan Jember Kidul.  Pada tahap selanjutnya dilakukan komunikasi dan survei lokasi dengan masyarakat sekitar lingkungan tempat tinggal sehigga dapat menemukan target sasaran yang sesuai.

Setelah menemukan target sasaran yang sesuai, maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah wawancara dengan target yaitu Fisma Collection sebuah rumah jahit yang telah berdiri selama kurang lebih 10 tahun. Hasil dari wawancara selanjutnya akan diidentifikasi untuk mengetahui permasalahan target sasaran. Setelah permasalahan diketahui, yaitu bahwa omset Fisma Collection mengalami penurunan selama pandemi maka dilakukan diskusi untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Kegiatan Wawancara
Kegiatan Wawancara

Solusi yang ditemukan bedasarkan pengembangan produk usaha jasa jahit secara inovatif, kreatif dan menyesuaikan dengan permintaan pasar. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan membuat produk baru yang sebelumnya belum pernah diproduksi pada rumah jahit tersebut, yaitu produksi masker kain dan melakukan pemasaran melalui media digital. Dimana masker kain merupakan barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang saat ini, karena di era pandemi Covid-19 pasti semua orang membutuhkan masker. Produksi masker kain juga dapat menambah peluang usaha pada jasa menjahit. Penjualan masker kain juga akan dilakukan dengan media digital dan market place sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus Covid-19 dan dapat menjangkau masyarakat luas.

Kegiatan Pelatihan dan Sosialiasasi kepada Target Sasaram KKN UNEJ Back to Village III

Pada pelaksanaan pelatihan yang bisa disebut dengan Kelas KKN dilakukan sebanyak 4 kali dan dilakukan secara daring maupun tatap muka. Pelaksanaan kelas KKN pertama dilakukan secara tatap muka di rumah jahit milik Fisma Collection dengan melakukan pemaparan materi mengenai pengenalan media sosial Instagram dan market place Shopee serta pembuatan account Instagram dan Shopee. Pelatihan ini dilakukan agar target sasaran dapat mengenal sosial media dan market place sehingga dapat bermanfaat dan digunakan sebagai media pemasaran dan penjualan kedepannya.

Pada pelaksanaan Kelas KKN kedua, dilakukan secara tatap muka di rumah target sasaran dengan melakukan pemaparan materi mengenai desain konten instagram menggunakan aplikasi canva. Dimana aplikasi canva merupakan aplikasi desain yang dirancang user friendly dan mudah digunakan untuk pengguna baru karena terdapat banyak template desain gratis. Pelatihan ini dilakukan agar target sasaran mengenal dan dapat menggunakan aplikasi canva untuk membuat konten pada instagram dengan mudah dan efisien.

Pada pelaksanaan Kelas KKN ketiga, dilakukan secara tatap muka di rumah target sasaran dengan melakukan pemaparan materi mengenai bagaimana cara berjualan pada sosial media instagram dan tips berjualan di instagram oleh pembicara yaitu Happy Auvio Januet,  alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis.  Hal ini dilakukan untuk mendukung proses pemasaran secara digital milik target sasaran serta mengenalkan aplikasi instagram lebih mendalam beserta penjelasan fitur-fitur tambahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun