Belakangan ini sering dikumandangkan dalam ranah Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar mengenai pentingnya permainan untuk proses belajar anak.Â
Belajar melalui bermain, atau yang sering disebut dengan pendekatan pembelajaran berbasis permainan (game-based learning), memang dapat memberikan banyak manfaat positif bagi siswa.
Anak-anak yang belajar di tingkat pendidikan usia dini dan pendidikan dasar memiliki rasa ingin tahu yang besar. Mereka perlu difasilitasi untuk berkesplorasi dan menjadi kreatif melalui berbagai macam media yang juga akan menajamkan motorik kasar dan motorik halus mereka. Selain itu, masa kanak-kanak adalah saat-saat yang krusial untuk membentuk karakter.
Berikut adalah beberapa hal positif yang dapat diperoleh dari game-based learning:
1. Motivasi yang Tinggi dan Pembelajaran Aktif
Permainan cenderung menarik minat anak-anak dan remaja karena sifatnya yang menyenangkan dan menantang. Ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk belajar dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Dalam permainan, peserta didik harus berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar. Mereka harus berpikir, mengambil keputusan, dan menyelesaikan tantangan, yang menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif daripada pendekatan pasif seperti mendengarkan kuliah.
2. Peningkatan Keterampilan Sosial dan Kognitif
Permainan sering melibatkan kerjasama dan interaksi sosial. Peserta didik dapat belajar tentang tim kerja, berbagi, berkomunikasi, dan mengatasi perbedaan pendapat melalui permainan berbasis tim. Beberapa permainan dapat membantu meningkatkan keterampilan kognitif seperti pemecahan masalah, keterampilan analitis, kreativitas, dan kemampuan berpikir abstrak.
3. Pengalaman Praktis dan Apresiasi atas Prestasi
Dalam permainan simulasi atau permainan peran, peserta didik dapat mengalami situasi dunia nyata secara langsung. Ini memungkinkan mereka untuk menguji pengetahuan dan keterampilan mereka dalam konteks yang lebih realistis. Permainan sering menyertakan sistem penghargaan dan umpan balik yang positif ketika peserta didik berhasil mencapai tujuan tertentu. Ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dan memberikan dorongan untuk terus belajar dan berusaha lebih baik.
4. Penurunan KecemasanÂ
Belajar melalui permainan dapat mengurangi rasa takut atau kecemasan terhadap materi pelajaran yang sulit atau kompleks. Pendekatan yang santai dan menyenangkan ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih ramah dan lebih menyenangkan.