Gadget merupakan salah satu alat komunikasi yang mempunyai banyak fungsi dengan menggunakan fitur yang berbeda. Gadget dianggap lebih lengkap dari pada alat komunikasi elektronik lainya karena fungsi dan sifatnya yang berbeda. Saat ini banyak gadget yang sudah tersebar luas di seluruh wilayah dunia. Perkembangannya sangat luas karena bisa mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan.Â
Dengan adanya gadget masyarakat sangat dimudahkan dalam melakukan berbagai macam aktivitas yang dahulu sulit dilakukan. Namun pada posisi lain gadget mempunyai pegaruh besar terhadap orang disekitarnya, karena ketika seseorang sedang sibuk dengan gadget maka sereorang akan lupa terhadap waktu yang telah menjadi konsep dalam hidupnya. Sekarang ini hampir semua kalangan terutama remaja menggunakan gadget dalam kegiatan yang mereka lakukan setiap harinya.Â
Hampir setiap remaja yang menggunakan gadget menghabiskan waktu mereka dalam sehari untuk menggunakan gadget sehingga hal ini mempengaruhi perilaku mereka di dalam keluarga. Kegiatan yang biasanya dilakukan dengan berbincang dengan keluaarga sekarang diisi dengan memainkan gadget.Â
Hasil kajian P. Handrianto (2013) menunjukkan, terdapat 70% pelajar yang merupakan remaja yang menyatakan dirinya memiliki gadget karena ingin mengikuti kemajuan teknologi, dan 10% remaja lainnya memiliki gadget karena diberi oleh orang tua mereka. Remaja merupakan waktu dimana manusia berumur belasan tahun. Pada masa ini manusia tidak dapat disebut sebagai anak-anak ataupun dewasa. Masa remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria. Rentang fase usia remaja menurut Mohammad dan Mohammad (2014:9) digolongkan dua bagian, yaitu sebagai remaja awal dan remaja akhir. Namun fase remaja merupakn fase perkembangan yang berada pada masa amat potensial, baik dilihat dari aspek kognitif, emosi maupun fisik.Â
Salah satu masalah yang sering dialami remaja dalam keluarga khususnya dengan orang tua adalah "kesenjangan generasi". Kesenjangan ini disebabkan karena ada perubahan radikal dalam setiap perubahan budaya yang pesat, dan sebagian disebabkan karena kenyataan bahwa remaja sekarang memiliki banyak kesempatan untuk pendidikan, sosial, budaya, dan perkembangan teknologi lebih besar daripada masa sebelumnya. Perkembanganteknologi dari waktu ke waktu mengalami perubahan yang signifikan.Â
Perkembangan teknologi terlihat jelas bahwa sebelum adanya gadget atau teknologi canggih banyak media komunikasi yang ada dan digunakan oleh masyarakat, seperti halnya koran dan majalah yang saat ini mulai bergeser penggunaannya. N Martono (2012:276) menyatakan bahwa teknologi harus dimanfaatkan sebaik mungkin, perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini harus disertai dengan pemahaman tentang teknologi itu sendiri agar dapat secara maksimal penggunaanya dan tidak menimbulkan dampak yang buruk.
1.DAMPAK POSITIF GADGET PADA REMAJA
dapat memudahkan anak untuk berkomunikasi serta memudahkan anak dalam kegiatan belajar
2.DAMPAK NEGATIF GADGET PADA REMAJAÂ
dampak negatif dari gadget adalah bisa mengalami gangguan tidur, kecanduan game online, meniru hal-hal yang buruk, merenggangkan hubungan interaksi sosial.