Mohon tunggu...
Aura Putri kirana
Aura Putri kirana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen Aktif Semester 4

Halo nama saya Aura Putri Kirana. Saya merupakan mahasiswa aktif semester 4 jurusan manajemen. Saat ini kegiatan saya tidak lebih dari sekedar meneliti dan belajar tentang ilmu ekonomi, hal ini pasti akan sangat berguna bagi saya dalam kehidupan saya saat ini dan dimasa yang akan datang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Influencer dalam Kampanye Pemasaran Modern

13 Juni 2024   15:13 Diperbarui: 13 Juni 2024   15:20 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Influencer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk menggerakkan sekelompok besar orang lain untuk melakukan suatu tindakan tertentu, dan tidak dibatasi oleh ruang atau waktu. Secara umum, siapa pun yang dapat mempengaruhi masyarakat untuk melakukan sesuatu, mempunyai kemampuan influencer. Menurut Kamus Merriam-Webster, influencer adalah seseorang yang mempengaruhi atau menginspirasi perilaku orang lain. Dalam konteks bisnis, influencer adalah seseorang yang dapat mempengaruhi, menyelaraskan, dan mendorong para kreator untuk mengembangkan produk baru. Sedangkan dalam konteks digital, khususnya media sosial, influencer adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki jumlah pengikut yang banyak di media sosial.

Influencer marketing adalah strategi pemasaran di mana perusahaan melibatkan influencer untuk meningkatkan kesadaran merek dan penjualan untuk target pasar tertentu. 

Pemasaran influencer adalah strategi pemasaran di mana merek dan perusahaan berkolaborasi dengan individu dan organisasi (influencer) yang memiliki pengaruh signifikan di media sosial dan platform online. 

Tujuan utama pemasaran influencer adalah untuk memanfaatkan popularitas, kredibilitas, dan jangkauan influencer untuk mempromosikan produk dan layanan kepada audiens mereka. 

Dalam pemasaran influencer, influencer bertindak sebagai juru bicara merek, memberikan rekomendasi dan ulasan positif tentang produk atau layanan tertentu kepada pengikutnya. 

Strategi pemasaran influencer dapat mencakup berbagai jenis konten, mulai dari mengunggah foto, video, dan ulasan hingga konten yang lebih interaktif seperti kuis dan kontes. Hal ini memungkinkan merek untuk memanfaatkan audiens influencer yang sudah ada untuk meningkatkan kesadaran merek dan keterlibatan konsumen, yang pada akhirnya meningkatkan pangsa pasar. 

Keberhasilan pemasaran influencer sering kali diukur menggunakan berbagai metrik, termasuk tayangan, interaksi, konversi penjualan, dan dampak keseluruhan kampanye terhadap citra merek. 

Berkat kemajuan teknologi dan penggunaan data analitik yang lebih canggih, Anda juga dapat mengukur pemasaran influencer secara lebih rinci untuk memastikan investasi pemasaran Anda mencapai hasil yang diinginkan. Ketika perannya dalam pemasaran digital menjadi semakin dominan, pemasaran influencer telah menjadi cara paling efektif dan efisien untuk menjangkau audiens yang relevan dan terlibat di era media sosial dan online saat ini. 

Jenis-Jenis Influencer

  • Mega Influencer, Dalam artian Mega influencer ini memiliki jumlah pengikut lebih dari 1 juta followers di media sosial. Mereka umumnya merupakan public figure seperti selebriti, artis, atau seniman. Tarif untuk bekerjasama dengan mega influencer relatif mahal dan bisa mencapai angka yang signifikan.
  • Macro Influencer, Macro influencer memiliki pengikut antara 40.000 hingga 1 juta followers. Mereka dapat terdiri dari selebritis yang belum terlalu terkenal atau pakar daring yang telah sukses membangun pengikut yang signifikan. Biasanya, mereka lebih bersahabat untuk diajak kerjasama.
  • Micro Influencer, Micro influencer memiliki pengikut antara 1.000 hingga 40 ribu followers. Mereka memiliki niche market tertentu dan terkadang mempromosikan produk secara gratis.
  • Nano Influencer, Nano influencer memiliki pengikut kurang dari 1.000 followers, namun seringkali merupakan pakar di suatu bidang tertentu. Meskipun jumlah pengikutnya tidak terlalu banyak, mereka mampu mempengaruhi pengikutnya secara langsung karena pesan promosi yang disampaikan terjalin selayaknya teman.

Alasan mengapa Influencer Efektif

Influencer efektif dalam kampanye pemasaran modern karena mereka memiliki kemampuan untuk membangun kepercayaan, meningkatkan kesadaran merek, dan menjangkau target pasar yang spesifik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa influencer efektif dalam kampanye pemasaran modern :

  • Kepercayaan dan Otoritas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun