Mohon tunggu...
Aura FahmaMaulidya
Aura FahmaMaulidya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Nilai Gotong royong dan Kerjasama pada Mata Pelajaran IPA di SDN Losari

3 Januari 2025   09:17 Diperbarui: 3 Januari 2025   09:17 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Malang, yaitu Ahmada Anandira Matin, Arjuna Ilham Saputra, Aura Fahma Maulidya, Devita Nisa Pravita Sari, Nesa Aulia Putri Mahardika, dan Zalfa Salsabila Putri, melaksanakan program pengabdian untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila melalui bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas 3 di SD Negeri Losari, Singosari, Kota Malang. Program ini dilakukan untuk mengedukasi dan menguji pemahaman materi melalui Team Game Tournament (TGT) tentang pengelompokan hewan, metamorfosis, cara berkembang biak, dan ekosistem. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi tugas mata kuliah umum Pendidikan Pancasila yang dibimbing oleh Dr. Sri Untari, M.Si. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kami berharap siswa dapat memahami pentingnya nilai-nilai Pancasila dan lebih peduli terhadap lingkungan serta dapat mengasah kreativitas siswa.

SD Negeri Losari adalah sekolah dasar negeri yang terletak di Jl. Suropati No.307, Losari, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sekolah ini berkomitmen untuk menyediakan pendidikan berkualitas dengan fokus untuk membentuk karakter dan meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang akademik. Fasilitas yang tersedia mencakup ruang kelas yang nyaman, terdapat perpustakaan, lapangan dan kantin yang nyaman bagi siswa. Bukan hanya meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang akademik saja, SDN Losari juga aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang non-akademik.

Nilai Pancasila yang akan di terapkan pada program ini adalah Gotong-royong. Gotong royong adalah bagian penting dari nilai-nilai Pancasila yang harus ditanamkan sejak dini. Dalam dunia pendidikan, karakter gotong royong menjadi salah satu pondasi untuk menciptakan generasi yang mampu bekerja sama dan menghargai perbedaan. Penelitian yang dilakukan di SDN Losari, Singosari mencoba menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan karakter siswa pada pembelajaran IPA.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah 29 siswa kelas 3 SDN Losari. Model TGT diterapkan melalui beberapa tahapan, yaitu menjelaskan materi, mengelompokkan siswa, pelaksanaan games, dan turnamen.

Pelaksanaan kegiatan meningkatkan nilai-nilai Pancasila melalui Teams Games Tournament (TGT) ini dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, melakukan penyampaian materi tentang Pengelompokan Hewan, Metamorfosis, Cara Berkembangbiak hewan dan Ekosistem melalui power point. Kedua, pembahasan mengenai kegiatan yang akan dilakukan untuk meningkatkan nilai-nilai Pancasila melalui Teams Games Tournament (TGT) lalu dilanjutkan dengan pembagian kelompok oleh pemateri. Terakhir, pelaksanaan Teams Games Tournament (TGT) yang dibagi kedalam 3 (tiga) jenis games. Ketiga games ini mencerminkan nilai-nilai Pancasila mengenai gotong royong dan persatuan, untuk memenangkan permainan diperlukan kebersamaan, kerjasama, dan persatuan.

Tiga permainan edukatif utama yang diterapkan adalah:

1. Tebak Gambar Hewan: Siswa bekerja sama untuk menebak gambar hewan melalui gerakan yang diperagakan. Permainan ini meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerja sama satu sama lain, melatih kreativitas, dan komunikasi non-verbal.

2. Bisik Berantai: Permainan ini melibatkan penyampaian pesan secara berantai, permainan ini melatih konsentrasi, daya ingat, kemampuan bekerjasama dan tanggung jawab setiap kelompok.

3. Puzzle Ekosistem: Siswa mengambil potongan gambar untuk ditempatkan pada papan yang bergambar habitat hewan. Permainan ini melatih kemampuan siswa dalam menganalisis, kolaborasi, dan pengambilan keputusan.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun