Mohon tunggu...
Aulia RahmaQurani
Aulia RahmaQurani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Akuntansi UHAMKA - Mahasiswa Akuntansi UHAMKA

Seorang Mahasiswa yang masih harus banyak belajar.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ekonomi Kreatif: Jembatan Menuju Ekonomi Digital yang Berkelanjutan

2 Oktober 2024   08:12 Diperbarui: 2 Oktober 2024   08:15 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi : Aulia Rahma Qur'ani Mahasiswa FEB Uhamka

Akhir-akhir ini, kata Indonesia Emas 2045 seringkali terdengar di berbagai kalangan masyarakat. Gaungan kata tersebut membuat masyarakat tertarik dan penasaran mengenai maksud dan tujuan dari kata tersebut. Indonesia Emas 2045 merupakan era dimana Indonesia merayakan tepat 100 tahun kemerdekaan serta di proyeksikan menjadi negara maju dengan kekuatan ekonomi terbesar ke-4 di dunia berdasarkan PDB dan PPP. Pencapaian tersebut diperkirakan akan mencapai status sebagai negara berpenghasilan tinggi dan berhasil keluar dari jebakan kelas menengah (Middle Income Trap). Berdasarkan RPJPN 2025-2045, diketahui terdapat 8 agenda pembangunan Indonesia dimana salah satunya yaitu Indonesia dapat mewujudkan transformasi ekonomi. Agenda ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas berbagai sektor. Salah satu sektor yang harus ditingkatkan produktivitasnya yaitu pada sektor ekonomi kreatif.

Sektor ekonomi kreatif merupakan sektor yang mengandalkan kreativitas, keterampilan, serta pengetahuan untuk menciptakan nilai tambah. Sektor ini juga dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Ekonomi kreatif yang dikolaborasikan dengan teknologi digital menjadi peluang besar sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi di masa depan. Tidak hanya sebatas industri hiburan dan seni, sektor ekonomi kreatif digital juga mencakup berbagai sektor seperti media, desain, teknologi aplikasi serta inovasi digital yang akan berkembang sangat pesat.

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), diketahui terdapat 221.563.479 jiwa pengguna internet di Indonesia dari populasi 278.696.200 jiwa penduduk Indonesia di tahun 2024. Dilihat dari segi usia, mayoritas pengguna internet merupakan GenZ dengan presentase mencapai 34,40%, disusul dengan Gen Milenial dengan presentase sebanyak 30,62%. Dengan persentase tersebut menunjukkan bahwa pelaku utama dalam perkembangan ekonomi kreatif berbasis digital di Indonesia adalah generasi muda yang diharapkan dapat memimpin perkembangan ekonomi kreatif digital di Indonesia.

Dari banyaknya keuntungan yang akan didapatkan oleh Indonesia di tahun 2045 nantinya, pemerintah harus ekstra membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Dengan adanya pendidikan yang sesuai dan akses terhadap teknologi digital, generasi muda Indonesia dapat memiliki potensi besar untuk menghasilkan produk-produk inovatif di berbagai sektor, mulai dari konten digital hingga aplikasi berbasis teknologi. Selain itu, dukungan kebijakan dan regulasi sangat berperan dalam mendorong ekonomi kreatif digital menuju Indonesia Emas 2045. Pemerintah diharapkan dapat mendukung serta memudahkan akses digital agar semua pelaku ekonomi kreatif dapat terus berinovasi dan mempertahankan eksistensinya di dalam dunia kreatif. Kemudahan regulasi pemerintah juga berpotensi meningkatkan kualitas produksi dan kreativitas anak bangsa sehingga produk yang mereka ciptakan dapat di ekspor ke pasar global sehingga menjadi komoditas ekspor yang bernilai tinggi.

Apabila kolaborasi antara pelaku kreatif, pemerintah ataupun pihak-pihak lain berjalan dengan lancar dan semua pihak dapat bekerja sama dalam menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan inovatif, maka ekonomi kreatif digital membantu mempercepat visi ekonomi digital di era Indonesia Emas 2045.

Daftar Pustaka

APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang (2024) Asosiasi penyelenggara Jasa internet Indonesia. Available at: https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang (Accessed: 02 October 2024).

Ramadhan, Fardhal Virgiawan. "Transformasi Ekonomi Digital Indonesia dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045: Pemikiran Prof. Nurcholish Madjid." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 10.1 (2024): 1-9.

Indonesia emas (2024) KADIN Indonesia. Available at: https://kadin.id/program/indonesia-emas/ (Accessed: 02 October 2024).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun