Mohon tunggu...
Aulia Talitha
Aulia Talitha Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang

INFP

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Indomaret Memanfaatkan Media Sosial Untuk Mendengarkan Aspirasi Pelanggan

19 Desember 2024   13:45 Diperbarui: 19 Desember 2024   13:42 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber: https://images.app.goo.gl/ftdA84T6RKa3vNoCA) 

Indomaret salah satu jaringan ritel terbesar di indonesia. Indomaret semakin aktif menggunakan media sosial untuk mendekatkan diri kepada pelanggan. Platform seperti Instagram, Facebook dan Twitter menjadi saluran utama mereka untuk mendengarkan masukan, keluhan sampai apresiasi dari Pelanggan atau masyarakat. 

Bagaimana sih cara indomaret mendengarkan Aspirasi Pelanggan?

(Sumber: Pribadi) 
(Sumber: Pribadi) 

Dalam beberapa tahun terakhir Dalam beberapa waktu belakangan keunggulan Indomaret dalam hal customer service terlihat dari respon yang cepat dan tepat terhadap setiap pesan yang masuk ke direct message (DM) Instagram. Pertanyaan seputar produk, lokasi gerai, hingga keluhan terkait pelayanan, semuanya dijawab dengan sigap. Strategi yang mereka lakukan dalam membalas DM instagram terdapat SOP yang jelas akan memastikan konsistensi dalam memberikan respons seperti DM akan di repon pada hari senin-minggu, jam 08.00-17.00.  

(Sumber: Akun Instagram Indomaret) 
(Sumber: Akun Instagram Indomaret) 

Komentar yang masuk dari custumer di setiap postingan juga selalu mereka balas dengan tanggap. Hal ini menunjukkan bahwa Indomaret benar-benar serius dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan pelanggan akan merasa dihargai dan diperhatikan ketika keluhannya ditanggapi dengan cepat. Banyaknya pujian karena kecepatan dan keseriusan Indomaret dalam merespon pelanggan lewat media sosial. Ini membuktikan bahwa teknologi sangat penting dalam membangun komunikasi yang lebih baik dan mendukung kemajuan bisnis. Dengan pendekatan ini, Indomaret menunjukkan bahwa mendengarkan pelanggan adalah langkah penting untuk memberikan pengalaman belanja yang memuaskan.

Penulis: Aulia Talitha/ Ayumi Indira/ Jennifer Bunga

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun