Mohon tunggu...
aulia sptn
aulia sptn Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

mahasiswa malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Baik dan Berharga Asistensi Mengajar di SMK PGRI Turen 2023

1 Juni 2023   15:42 Diperbarui: 1 Juni 2023   15:44 412
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengalaman Baik dan Berharga Asistensi Mengajar di SMK PGRI Turen 2023

Hallo teman-teman semua. Perkenalkan saya Aulia Septiani Astuti, biasa di panggil Aulia. Saya mahasiswa Universitas Negeri Malang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, program studi S1 Pendidikan Akuntansi, angkatan 2020. Pada kesempatan kali ini, saya akan menceritakan pengalaman yang sangat luar biasa yang saya dapatkan saat mengikuti program Asistensi Mengajar di satuan pendidikan yang diadakan Universitas Negeri Malang.

Asistensi Mengajar (AM) merupakan program kegiatan yang dilakukan di luar kampus, tepatnya di satuan pendidikan yang dilaukan selama 16 minggu. Program kegiatan Asistensi Mengajar ini setara dengan 20 SKS, termasuk kegiatan PKL dan KKN yang sudah dikonversi. Program ini juga akan memberikan pengalaman baru untuk mahasiswa.

Dalam kesempatan yang berbahagia di semester ini, saya berkesempatan untuk mengikuti program kegiatan Asistensi Mengajar yang berlokasi di SMK PGRI Turen.  SMK PGRI Turen ini berlokasi di Jl. Salak No. 1 Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Sekolah ini memiliki 5 jurusan yaitu Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), serta Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Pengalaman pertama saya dimulai dari waktu observasi sekolah pada tanggal 27 Januari 2023, Kepala Sekolah, Waka, guru-guru, dan staf sangat welcome kepada kami. Pada saat observasi saya mendapatkan informasi bahwa setiap pagi tepatnya hari selasa sampai jumat, seluruh siswa dibiasakan untuk ibadah pagi, baik mereka yang beragaman Islam maupun mereka yang beragama Kristen. Kemudian untuk kegiatan AM dilaksanakan pada tanggal 6 Februari 2023, namun tanggal 3 Februari 2023, saya dan mahasiswa AM lainnya diajak untuk mengikuti sosialisasi dari Dr. Gamal.

Pada tanggal 6 Februari 2023, kegiatan Asistensi Mengajar ini dimulai dengan pengantaran mahasiswa oleh Dosen Pembimbing Lapangan yakni Ibu Miranti Puspaningtyas, S.Pd, M.Akun, CSRA,CBV. Kemudian pada hari itu saya dan teman-teman mahasiswa langsung mengikuti kegiatan upacara bendera. Dan juga pada hari itu saya pertama kali bertemu dengan Guru Pamong dan langsung diberikan tugas untuk mengajar di kelas X-AKL dengan mata pelajaran Ekonomi Bisnis pada hari kamis. Kegiatan akademik saya diawali dengan ikut mendampingi guru untuk bimbingan kelas XII-AKL mata pelajaran Komputer Akuntansi, dan langsung mengajar siswa di Lab Komputer.

Selain mengajar kelas X-AKL dengan mata pelajaran Ekonomi Bisnis, saya juga mendapatkan tugas untuk membantu dalam membimbing siswa kelas XII-AKL yang akan melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). Saya mendampingi siswa-siswa kelas XII-AKL dalam menyusun laporan keuangan secara manual, dan mengoperasikan komputer akuntansi aplikasi MYOB.

Dari satu minggu pertama, saya mendapatkan pelajaran tentang bagaimana mengkondisikan siswa kelas X-AKL dan XII-AKL yang memiliki karakter yang beraneka ragam. Mereka yang memiliki karakteristik yang beraneka ragam harus kita tuntun pelan-pelan, tidak hanya secara pengetahuan saja, namun dalam hal kemanusiaan dan moral juga harus kita tuntun supaya siswa-siswa yang kita didik mengarah ke arah yang lebih baik. Karena di sekolah itu merupakan tempat untuk memanusiakan manusia, atau membuat manusia lebih manusia dari pada sebelumnya.

Kemudian, saya juga mendapatkan pengalaman dalam hal penyusunan pembelajaran di kelas, hal ini dituangkan dalam penyusunan konsep dan perangkat pembelajaran seperti RPP, Modul Ajar, Materi, Media Pembelajaran, dan lain-lain. Pengalaman ini sangat berharga untuk saya sebagai calon guru, karena hal-hal yang saya susun akan diterapkan langsung saat masuk ke kelas.

Pengalaman Baik dan Berharga Asistensi Mengajar di SMK PGRI Turen 2023
Pengalaman Baik dan Berharga Asistensi Mengajar di SMK PGRI Turen 2023

Penyusunan konsep perlu diperhatikan dalam berbagai aspek agar siswa dapat menerima dan proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Pengalaman dalam hal akademik ini sangat saya syukuri dan sangat berharga untuk saya sebagai calon guru.

Selain dari akademik, saya juga mendapatkan pengalaman serta wawasan yang baru seputar kegiatan non akademik di lembaga pendidikan. Banyak kegiatan ekstrakurikuler untuk mengetahui kemampuan siswa-siswa. Salah satu kegiatan non akademik yang saya pernah ikuti yaitu Perkemahan Jumat Sabtu (PERJUSA). Perkemahan ini dilaksanakan untuk seluruh kelas X (Sepuluh) yang akan melatih kedisiplinan, kemandirian, bekerja sama dalam tim bagi seluruh siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun