Psikoedukasi Goal Setting Pada Siswa Prokrastinasi
Banyak siswa yang kurang memiliki motivasi dalam melakukan tugas dan aktifitasnya. Â Keadaan seperti ini membuat siswa sering menunda dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, sehingga banyak tugas yang menumpuk. Prokrastinasi akademik adalah berada di bawah kecenderungan siswa menunda atau tidak mengerjakan tugas-tugas sekolah.
Prokrastinasi akademik dapat menimbulkan rasa cemas, sehingga menimbulkan kecemasan, kelalaian, dan banyak waktu yang terbuang dalam kegiatan mengerjakan tugas sekolah. Prokrastinasi akademik bisa membentuk perilaku tidak jujur karena siswa akan mencari alasan agar menunda mengerjakan tugas akademik (Salomon & Rothbulum, 2020).
Masalah yang dihadapi oleh mitra adalah keterbatasan pengetahuan mengenai pentingnya memiliki goal setting pada siswa SMA Sumpah Pemuda Jakarta Barat. Prokrastinasi akademik merupakan tindakan dalam melakukan menunda mengerjakan tugas sekolah. Prokrastinasi akademik berdampak seperti terlambat dalam menyelesaikan tugas-tugas ataupun gagal mengerjakan tugas yang diberikan. Prokrastinasi akademik memiliki dampak emosi, seperti:  kecemasan, merasa bersalah, kemarahan, dan lain-lain (Millgram, 2021). Menurut Silver dan Sabini (2018), prokrastinasi akademik bukan perilaku menghindar, namun siswa akan  menunda dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Dalam menunda ini akan menyebabkan gagal dalam menyelesaikan tugas tepat waktu.
Berbeda pendapat Fiore (2019), menurutnya prokrastinasi akademik bukan karena masalah dalam menyelesaikan tugas, namun terkait dalam masalah yang mendasar, seperti: rendahnya self-esteem, perfeksionis, perasaan takut gagal, keragu-raguan, dan ketidakseimbangan baik belajar dan bermain.
Beberapa dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Jakarta dalam Program Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan secara langsung tatap muka dikelas SMA Sumpah Pemuda Jakarata Barat pada tanggal 30 Januari 2024 bersama Agustini dan Aulia Kirana melalui seminarnya menuturkan agar siswa memiliki Goal setting supaya ke depanya mereka pada menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik secara maksimal.
Setelah mengikuti seminar tersebut, diharapkan para siswa mampu memiliki pengetahuan dan pemahaman terkait pentingnya memiliki goal setting. Melalui penyampaian penerapkan psikoedukasi goal setting pada siswa prokrastinasi akademik SMA, diharapkan perserta siswa SMA Sumpah Pemuda mampu memahami pentingnya memiliki goal setting pada siswa prokrastinasi akademik.Â
Dalam seminar tersebut, hasil yang dapat dilihat setelah narasumber memberikan pemaham tentang psikoedukasi goal setting pada siswa prokrastinasi. Setelah itu, narasumber juga menjelaskan tentang bagaimana tujuan memiliki goal setting dan langkah-langkahnya dalam menghadapi prokrastinasi akademik. Dari hasil pre-test dan post-test serta hasil dari Tanya jawab peserta seminar, diketahui bahwa peserta pada awalnya banyak yang belum memahami mengenai goal setting dalam menghadapi prokrasinasi pada siswa. Terlihat dari pre-test dan post-test serta hasil dari Tanya jawab peserta seminar, diketahui adanya perubahan yang signifikan mengenai pemahaman dan pengetahuan tentang goal setting dalam menghadapi prokrastinasi siswa.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI