Mohon tunggu...
Audrey Kartika
Audrey Kartika Mohon Tunggu... Aktor - PNS

Saya senang berdiskusi mengenai kebijakan pemerintah

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Penggunaan Masker Masih Dianggap Sepele

9 Agustus 2020   20:41 Diperbarui: 11 Agustus 2020   20:43 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana lingkungan sekitar rumah saya, masyarakat tidak menggunakan masker. | dokpri

Tanjung Priok, Jakarta (20/07) - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tim II tahun 2020 diikuti oleh Mahasiswa/i Universitas Diponegoro dan diselenggarakan di daerah domisili masing-masing Mahasiswa/i Universitas Diponegoro yang mengikuti kegiatan KKN. Kegiatan KKN Tim II tahun 2020 ini diselenggarakan dengan cara demikian karena terdampak oleh Pandemi Covid-19. 

Saya berdomisili di Rt. 09/ Rw. 04, Plumpang, Rawa Badak Selatan, jakarta Utara. Di daerah tempat tinggal saya masih banyak orang berkerumun tidak menggunakan masker dan dengan jarak yang berdekatan. Masyarakat yang tinggal di daerah sekitar rumah saya yaitu RT.09 Rw. 04, Kelurahan Rawa Badak Selatan Jakarta Utara matig minim kesadaran dalam menggunakan masker di era new normal ini. Pada saat keluar rumah tidak menggunakan masker saat keluar rumah, berkerumun lebih dari 5 orang dan mengobrol satu sama lain dengan jarak tidak aman yaitu kurang dari 1 meter. 

Padahal menggunakan masker di luar rumah termasuk daerah sekitar rumah sangat penting karena hal tersebut dapat menjaga dan mencegah kita dari terjangkitnya virus corona back melalui udara yang kita hirup, bersentuhan dengan orang lain, dan cipratan liur orang lain. Hal tersebut terbukti bahwa daerah rumah saya menjadi Zona Merah Covid-19 karena ada 10 orang terkena Covid-19 dan langsung dilarikan ke Wisma Atlit Kemayoran. 

Melihat keadaan ini melalui survey yang telah saya lakukan bersama Pak RT dan Pak RW maka saya berfikir alangkah baiknya melakukan himbauan kepada masyarakat sekitar melalui spanduk yang akan saya pasang di Wilayah Rt.09/Rw.04 Rawa Badak Selatan, berkaitan dengan “Pentingnya menggunakan masker di daerah sekitar Rumah”. 

Semua masyarakat di RT.09/Rw.04 Rawa Badak Selatan juga sudah mendapatkan masker washable sehingga tidak ada daily bahwa masyarakat tidak menggunakan masker. Harapan saya Masyarakat yang berada di Wilayah Rt.09/Rw.04 Rawa Badak Selatan mengetahui dampak yang didapatkan apabila tidak menggunakan masker di luar rumah atau bahkan hanya daerah sekitar rumah saja. Oleh karena itu kegiatan KKN ini dapat berdaya guna untuk menghindari Masyarakat sekitar rumah saya dari Covid-19.

Manfaat yang dapat dirasakan Masyarakat dari Program kegiatan yang saya selenggarakan adalah :

  1. Masyarakat Mengetahui menfaat menggunakan masker saat pandemic Covid-19
  2. Masyarakat mengetahui tempat dan waktu yang tepat menggunakan masker
  3. Masyarakat memiliki kesadaran dalam menggunakan masker di daerah sekitar rumah
  4. Masyarakat tidak terkena Covid-19 apabila ada warga sekitar yang terinfeksi virus Covid-19
  5. Masyarakat dapat menjaga satu sama lain dari infeksi virus Covid-19

Tahap persiapan yang sudah saya lakasanakan dalam program kerja yang akan saya laksanakan selama 2 minggu ini adalah : 

  • Survey wilayah yang akan menjadi tempat pelaksanaan program kerja Kuliah Kerja Nyata yang akan saya laksanakan
  • Membuat Proposal kegiatan KKN yang akan saya laksanakan serta meminta persetujuan Pak RT setempat, dimana program kerja yang saya galakan akan dijalankan
  • Mengurus perizinan dengan Pak Camat di Kantor Kecamatan Koja
  • Mempelajari cara mendesign brosur dan mencetaknya
  • Melakukan pemotretan daerah rumah saya yang menunjukkan bahwa masih banyak anak-anak hingga orang dewasa berkerumun dengan jarak tidak aman, tidak menggunakan masker, dan saling bersentuhan satu sama lain.

Berikut saya lampirkan beberapa foto kegiatan saya selama 2 minggu ini:

Para Mahasiswa peseta kegiatan kuliah kerja nyata Tim II tahun 2020 melakukan penyampaian program kerja kegiatan Kuliah Kerja Nyata dengan Pak Camat di Kantor Kecamatan Koja berkaitan dengan program kerja yang akan dilakukan di Rt. 09/ Rw. 04 Rawa Badak Selatan. Penyampaian program kerja secara mendetail oleh Mahasiswa kepada Pak Camat agar tidak terjadi miskomunikasi antara Pak Camat dengan peserta kegiatan KKN berkaitan dengan kegiatan  yang akan dilakukan.

Para Mahasiswa berfoto bersama Pak Camat serta jajarannya yang telah menyetujui dan memahami kegiatan yang akan kami lakukan dilingkungan kami masing-masing. Kami mengunjungi Kantor Camat sebanyak dua kali karena pada kunjungan yang pertama, Pak Camat kurang memahami arti kegiatan “Kuliah Kerja Nyata” yang akan kami selenggarakan di wilayah lingkungan kami masing-masing. 

Pada pertemuan kedua para mahasiswa mengadakan konfirmasi  terkait dengan kegiatan  kepada pak camat beserta jajarannya. Pada akhirnya pak Camat beserta jajarannya memahami dan mengerti kegiatan yang kami laksanakan di lingkungan rumah kami masing-masing. Pak Camat melakukan pengenalan cara pelayanan di Kantor kecamatan Koja kepada kami para Mahasiswa yang datang ke kantor kecamatan Koja (PTSP).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun