Internet merupakan jaringan komputer untuk menghubungkan jaringan satu dengan yang lainnya dan media yang diciptakan untuk mempermudah hidup manusia. Saat ini pertumbuhan internet di Indonesia sangat cepat dan menghasilkan pandangan positif dari masyarakat Indonesia.
Indonesia tercatat sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet tercepat di dunia. Riset yang dilakukan oleh Google dan Temasek, untuk periode 2015-2020, proyeksi pertumbuhan rerata tahunan (CAGR) Indonesia adalah 19 persen. Di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) lainnya, pertumbuhan pengguna internet yang cukup tinggi terjadi di Vietnam dan Filipina masing-masing 13 persen dan 11 persen. Berikut disajikan data statistik CAGR Pengguna Internet Menurut Negara 2015-2020
Freedom House, sebuah lembaga pengawas kebebasan dan demokrasi independen, telah menganalisis bagaimana 65 negara memberikan kemerdekaan pada warganya untuk mengakses internet. Mirisnya, pemerintah di 42 dari 65 negara itu membatasi konten online yang diakses warganya, termasuk Indonesia. Pemerintah mengidentifikasi beberapa konten yang dicap negatif dan harus diblok, seperti pornografi, hate speech, judi, atau penyedia konten ilegal.
Kebebasan pengguna internet Indonesia berada di urutan 6 di Asia. Riset mengenai kebebasan internet dari Freedom Houseberjudul Freedon On The Net 2016menyebutkan Indonesia mendapatkan nilai 44. Sementara itu, Jepang menjadi negara dengan internet terbebas di Asia mendapat skor 22. Filipina berada di urutan kedua dengan nilai 26 dan Korea Selatan di posisi ketiga dengan skor 36. Berikut disajikan data statistik kekebasan internet negara Asia pada tahun 2016.
Untuk dapat membantu mencerdaskan kehidupan berbangsa denga informasi-informasi yang lebih akurat dan terpercaya dan tidak memihak pada satu individu saja dibutuhkan kesadaran bagi para pengguna untuk menggunakan media internet secara etis dan sewajarnya agar perkembangan media internet dan pers semakin terpercaya di Indonesia.
Ada banyak teknologi yang sudah berkembang sehingga mempermudah orang untuk bertransaksi sehingga tidak perlu repot-repot dalam pajak tempat. Pertumbuhan pasar e-commerce di Indonesia berkembang  pesat. E-commerce memiliki kelebihan bagi banyak pihak seperti organisasi, mereka dapat memperluas pasar hingga taraf global/internasional, meningkatkan brand perusahaan, dan mempercepat efisiensi proses bisnis. Bagi pelanggan, pelanggan dapat menerima layanan tanpa ada batasan waktu juga dapat memberikan informasi lebih cepat dan yang terakhir bagi masyarakat karena tidak perlunya perjalanan dalam kegiatan jual beli dan dapat membantuk pemerintah dalam pelayanan publik. Berikut disajikan data statistik Indonesia mengenai konsumen E-Commence Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H