Mohon tunggu...
Rahmayu Attri Murni
Rahmayu Attri Murni Mohon Tunggu... Guru - belajar dan terus belajar

Jangan hanya memandang dari salah satu sisi, agar pandanganmu tidak tersempitkan

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Menyisihkan Uang Gaji sebagai THR di Rekening BCA

11 Mei 2019   12:00 Diperbarui: 11 Mei 2019   12:10 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lebaran adalah agenda tahunan yang selalu berulang, dan tentunya kita tak ungkin terkejut dengan lebarankan? Bahkan dari kecil kita sudah diajarkan oleh orang tua kita bagaimana sibuknya dulu orang tua kita dalam menyambut lebaran, dan otomatis pengeluaran dari bulan puasa sampai lebaran adalah pengeluaran paling besar yang harus kita persiapkan disbanding bulan -- bulan biasa. Makanya saat bulan puasa dan lebaran, anda harus menghitung dengan teliti biaya yang anda butuhkan selama pualan suci ramadhan sampai lebaran Idul Fitri termasuk kalau anda juga mudik kekampung halaman.

Anda tidak mungkin memiliki uang lebih saat lebaran kalau anda tak merancang jauh hari sebelum lebaran berlangsung, kalau diri saya, saya menghitung pengeluaran saat lebaran berpijak pada pengeluaran lebaran tahun lalu kemudian saya naikkan sekitar 10 -- 15 %, pengeluaran yang saya hitung mulai masuk puasa sampai satu bulan sudah lebaran, tabungan lebaran ini saya anggap adalah uang cicilan kriditan yang mesti saya bayar dan saya memiliki rekening yang berbeda buat lebaran. Dan saya akan setiap bulan mentransfer uang gaji saya ke tabungan lebaran saya, ini saya lakukan agar lebaran saya tidak memiliki hutang.

Contoh kalau selama bulan puasa, lebaran, mudik dan biaya satu bulan paska lebaran saya membutuhkan uang 20  juta rupiah, maka saya harus menabung selama sebelas bulan biasa, saya tidak mau menghitung THR kantor, atau bonus bonus lebaran, karena kalau uang yang kita harapkan  tiba -- tiba di pangkas karena kebijakan atau apalah, kita sudah memiliki dana yang memang kita siapkan, kalau seandainya dana dari kantor ada maka bisa dijadikan tabungan buat kebutuhan yang lain.

Kalau anda pengeluarannya sekitar 20 juta rupiah maka kita bagi 11 bulan maka anda harus menyisihkan gaji anda sebesar 1.810.000/ bulan dan anda harus langsung transfer ketabungan lebaran yang sudah anda siapkan. Kalau memang anda belum punya rekening anda bisa buka rekeningnya mulai sekarang, caranya  gampang, sekarang kan sudah ada pendaftaran dengan menggunakan smartphone, Belum bisa? Yuk ikuti langkah langkah berikut  untuk rekening di BCA

mengunduh aplikasi BCA mobile

Memilih fitur Buka Rekening Baru pada halaman utama

Memilih Produk Rekening BCA ada 3 produk tabungan yang dibuka yaitu tahapan, tahapan gold, tahapan Xpresi

Video call dengan CSO Halo BCA untuk verivikasi data diri

Melakukan setoran awal baik dengan transfer rekening maupun setor tunai di setor BCA terdekat

Setelah rekening anda selesai, mulai saat ini biasakan anda menyisakan uang buat THR diri anda sendiri, sehingga anda mampu meminilisasi hutang anda dan dapat mengatur pengeluaran yang tidak terduga, untuk mencegah itu semua anda harus benar -- benar mengotrol diri anda untuk selalu disiplin. Saya bisa melakukan ini dalam hidup saya, dan saya yakin anda juga bisa... Alhamdulilah selama puasa, lebaran dan mudik saya tak pernah memiliki hutang kemudian mencicilnya dibelakang, tetapi saya putar, saya mencicilnya didepan kemudian baru saya ambil. Keuntungan yang saya dapat dengan cara ini adalah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun